Prabowo Janji Swasembada Pangan, Energi, & Air Jika Jadi Presiden

Oleh: Lalu Rahadian - 4 November 2018
Prabowo Subianto menyatakan, ia tak akan melakukan impor pangan dan bahan bakar jika terpilih menjadi Presiden di 2019.
tirto.id - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji tak akan melakukan impor pangan dan bahan bakar jika menang pada pemilu 2019.

Janji itu ia sampaikan kala menghadiri acara Deklarasi Komando Ulama Pemenangan Prabowo Sandi (Koppasandi), Minggu (4/11/2018). Menurutnya, Indonesia mampu memenuhi semua kebutuhan rakyatnya tanpa harus impor.

"Saya bersaksi di sini kalau Insyaallah saya menerima amanah rakyat Indonesia, saya akan bikin Indonesia berdiri di atas kaki kita sendiri. Kita tidak akan impor apa-apa saudara-saudara sekalian. Kita harus dan kita mampu swasembada pangan, mampu. Kita juga harus dan mampu swasembada energi, swasembada bahan bakar," ujar Prabowo.

Prabowo juga mengingatkan, perubahan iklim yang terjadi di seluruh penjuru dunia menghadirkan ancaman krisis air bersih. Selain itu, ia menyebut ciri-ciri negara belum merdeka salah satunya yakni mereka masih tergantung dari impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

"Bangsa yang tergantung makanan dari luar negeri bukan bangsa yg merdeka. Bangsa yang kekayaannya tidak ditahan di dalam negeri bukan bangsa yang merdeka," katanya.

Meski berjanji tak akan melakukan impor, Prabowo menyebut janjinya belum pasti akan bisa dilaksanakan dalam jangka waktu singkat. Akan tetapi, ia berjanji akan memenuhi sumpahnya itu.

"Kalau kami nanti menerima amanah tidak berarti satu hari, satu bulan, satu tahun, semuanya akan langsung baik, tidak. Saya tidak mau janji-janji yang tidak bisa dipenuhi," katanya.

"Tetapi saya janji satu, bahwa kita akan swasembada pangan, swasembada energi dan swasembada air."


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight