Prabowo-Gibran Ambil Cuti Dua Hari per Pekan selama Kampanye

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 28 Nov 2023 17:18 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan Prabowo memilih untuk tetap menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan RI, sedangkan Gibran sebagai Wali Kota Solo.
tirto.id - Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memutuskan hanya mengambil cuti dua hari dalam sepekan selama masa kampanye Pilpres 2024.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan Prabowo memilih untuk tetap menjalankan tugas sebagai Menteri Pertahanan, sedangkan Gibran melaksanakan tugas sebagai Wali Kota Solo.

"Beliau-beliau (Prabowo- Gibran) sudah memutuskan, tetap akan menjadi Menhan dan Walkot. Dan hanya cuti maksimal satu minggu dua kali maksimal," kata Nusron di Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023).

Namun, kata dia, beda halnya bila situasi mendesak semisal tiba-tiba Prabowo-Gibran dipanggil sebagai kapasitas paslon peserta Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kecuali ada hal-hal mendesak yang tidak bisa dihindari. Contohnya hal-hal mendesak apa? Tiba-tiba panggilan KPU pada hari kerja. Yang bersangkutan kapasitasnya sebagai paslon. Tentunya harus cuti. Kalau seandainya sudah mengambil hak cutinya lebih dari dua kali," tutur Nusron Wahid.

Dalam keterangan terpisah, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Rosan Roeslani mengatakan timnya akan berkampanye pada Pilpres 2024 dengan mengutamakan dampak elektoral.

Oleh karena itu, kata dia, Prabowo dan Gibran urung untuk berkampanye pada hari pertama masa kampanye Pilpres 2024, Selasa (28/11/2023).

"Kami ingin memastikan bahwa schedule [jadwal] ini mempunyai dampak elektoral maupun dampak keberadaan dari Pak Prabowo dan Gibran lebih efektif," kata Rosan di Jakarta Selatan, Selasa sore.

Rosan mengatakan Prabowo dan Gibran dijadwalkan akan menghadiri final Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo. Rosan berharap kehadiran Prabowo dan Gibran di Manahan Solo itu mendatangkan dampak elektoral.

"Salah satunya pada weekend ini akan ada final Piala Dunia U-17 di Solo yang insyaallah akan dihadiri oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran," kata Rosan.


Baca juga artikel terkait KAMPANYE PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight