Polri Gelar Apel Kasatwil, Persiapan Agenda Negara hingga Nataru

Oleh: Adi Briantika - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 1 menit
Untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan COVID-19 di saat Natal dan Tahun Baru, kepolisian akan memperkuat pengawasan melalui Posko PPKM Mikro.
tirto.id - Mabes Polri menggelar apel seluruh Kepala Satuan Wilayah mulai dari Kapolda hingga Kapolres di Bali, Jumat (3/12/2021). Acara itu membahas beberapa hal.

"Ini dalam rangka menyatukan persepsi. Kemudian juga mempersiapkan agenda agenda penting yang harus dilakukan Polri, di akhir tahun 2021 ini maupun diawal 2022,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Presiden Joko Widodo juga memberikan arahannya dalam kegiatan tersebut.

Misalnya, Jokowi mengingatkan tentang penanganan COVID-19. Rakyat tidak boleh lengah dengan keberadaan virus Omicron. Seluruh lapisan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi nasional.

"Beliau mengapresiasi Polri dan TNI yang mampu berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam rangka pengendalian COVID-19," sambung Dedi.

Kepolisian turut diminta tidak lengah dan abai dengan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia, meskipun mengalami penurunan saat ini. Bersama TNI, Polri akan terus melakukan akselerasi vaksinasi, penguatan 3M, dan 3T serta penerapan kedisiplinan protokol kesehatan.

Kemudian, untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan COVID-19 di saat Natal dan Tahun Baru, kepolisian akan memperkuat pengawasan melalui Posko PPKM Mikro.

"Untuk Nataru, kami merujuk pada Inmendagri. Semuanya diterapkan regulasi level 3. Polri sudah persiapkan itu, dengan menggelar pos, serta melaksanakan optimalisasi posko PPKM Mikro yang ada di tingkat RT/desa akan diperketat. Termasuk di lokasi atau daerah yang menjadi tujuan para pemudik," terang Dedi.

Selanjutnya, pada acara yang diikuti langsung oleh 27 pejabat utama Mabes Polri, 102 personel jajaran Kapolda, Karo Ops, Dir Intelkam Polda dan 1.513 orang secara daring ini, presiden juga menyinggung perihal keamanan Presidensi G20.

"Ini adalah wajah Indonesia, dan kita adalah negara berkembang pertama yang menjadi Ketua G20," ujar Joko Widodo.




Baca juga artikel terkait PENGAMANAN NATARU atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight