Polisi: Kata Saksi Tukang Bubur, Ada yang Tanyakan Rumah Ketua KPK

Oleh: Adi Briantika - 10 Januari 2019
Mabes Polri mengonfirmasi keterangan saksi tukang bubur bahwa ada orang yang menanyakan rumah Ketua KPK Agus Rahardjo.
tirto.id - Kepolisian telah memeriksa enam saksi kasus dugaan tas berisi bom di kediaman Ketua KPK Agus Rahardjo. Salah satu saksi ialah penjual bubur.

“Ada saksi yaitu penjual bubur yang kami tanyakan. Ada orang yang sempat datang ke tempatnya untuk menanyakan rumah Pak RT dan rumah Ketua KPK,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di kantornya, Kamis (10/1/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan kepolisian, benda di dalam tas itu merupakan bom palsu. “Setelah tim bekerja mengumpulkan alat bukti dan dianalisis secara ilmiah, benda di rumah Agus Rahardjo di Bekasi adalah fake bomb [bomb palsu],” kata Iqbal di Mabes Polri, hari ini.

Memang ada sejenis paralon, kabel, dan baterai, lanjut dia, tapi bukan merupakan serangkaian firing devices selayaknya bom, juga tidak ada detonator. Pusat Laboratorium Forensik juga membuktikan bahwa semen putih yang terdapat dalam tas tersebut bukanlah bahan peledak seperti black powder atau Triacetontriperoxid (TATP).

Iqbal mengatakan hari ini kepolisian masih mencari pelaku. “Kami mengusut siapa pelaku, akan kami ungkap untuk mengetahui motifnya,” ujar dia.

Ia menanggapi perihal isu kasus ini sebagai kejahatan yang terencana untuk melemahkan lembaga antirasuah itu seperti kasus yang menimpa Novel Baswedan.

“Beberapa informasi kami tampung. Semua informasi akan melengkapi upaya penyelidikan tim,” tambah Iqbal.

Bukti keseriusan Polri untuk menuntaskan kasus ini seperti mengerahkan jajaran kepolisian dari Polda Metro Jaya, Bareskrim serta Densus 88.

“Ini menandakan Polri bergerak cepat dan serius untuk membongkar perkara ini,” ucap Iqbal.

Diketahui, Rabu (9/1/2019), penemuan tas sekitar pukul 05.30 oleh warga. Kediaman Agus beralamat di Perumahan Graha Indah, Blok A9/15 RT 004/014, Kelurahan Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.


Baca juga artikel terkait TEROR KPK atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Maya Saputri