Polda Jateng: Lima Titik Rekayasa Lalin ke Pura Mangkunegaran

Sumber: Antara, tirto.id - 9 Des 2022 17:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Polda Jateng menyebutkan ada lima titik pengalihan arus lalin ke Pura Mangkunegaran terkait tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina.
tirto.id - Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyebutkan ada lima titik pengalihan arus lalu lintas (lalin) ke Pura Mangkunegaran terkait dengan tasyakuran ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu (11/12/2022).

"Pengalihan arus lalu lintas itu untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas di sekitar Pura Mangkunegaran pada hari Minggu (11/12/2022)," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy di Solo, Jumat (9/12/2022).

Iqbal Alqudusy menyebutkan lima titik arus lalu lintas itu, yakni di simpang empat KFC Jalan Slamet Riyadi ke arah Mangkunegaran, kemudian dialihkan belok kiri melalui Jalan Teuku Umar. Selanjutnya, dari Jalan Soegijapranata yang menuju ke Pura Mangkunegaran, dialihkan melalui Jalan Ronggo Warsito.


Selain itu, kendaraan dari Monumen Pers menuju Pura Mangkunegaran dialihkan ke kanan lewat Jalan Gajah Mada, arus lalin dari arah timur ke arah Mangkunegaran dialihkan ke arah Jalan Ronggo Warsito, dan perempatan Masjid Solichin menuju arah Pura Mangkunegaran dialihkan ke arah Jalan Gajah Mada.

"Arus lalin ke arah Mangkunegaran sementara dialihkan pada Minggu (11/12/2022) mulai pukul 05.00 hingga 23.00 WIB," kata Iqbal.

Oleh karena itu, pihaknya mohon maaf kepada masyarakat Surakarta yang mungkin terganggu aktivitasnya. Walau demikian, kepolisian berupaya agar arus lalu lintas tetap lancar.
m
Sebelumnya, Polda Jateng menjamin lalu lintas di Kota Solo tetap lancar karena pihaknya telah menyiapkan rekayasa arus dan tim urai pada rangkaian acara kirab dan tasyakuran ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

"Kami menjamin seluruh rangkaian kirab dan tasyakuran ngunduh mantu Kaesang dan Erina, serta kelancaran arus di Kota Surakarta tetap terjaga," kata Iqbal.

Kepolisian telah menyiapkan sejumlah tim urai lalu lintas di lima polsek, wilayah hukum Polres Kota Surakarta.

Rekayasa lalu lintas, kata dia, akan dilakukan pada momen kirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran.


Ia menyebutkan rute kirab mulai depan Loji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu simpang tiga Sriwedari, simpang tiga PN, simpang empat Hotel Novotel, dan seterusnya hingga nanti finis di Gapura Mangkunegaran.


Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KAESANG atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri

DarkLight