Jokowi Curhat Masih Kerja di Sela Prosesi Pernikahan Kaesang

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 9 Des 2022 14:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda," tulis Jokowi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) curhat masih tetap bekerja di sela rangkaian pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, Jumat (9/12/2022). Curhatan tersebut disampaikan Jokowi dalam akun resmi media sosialnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengunggah foto. Memperlihat dirinya masih menggunakan baju adat prosesi siraman Kaesang sedang meneken setumpuk dokumen.

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda," tulis Jokowi lewat akun instagramnya @Jokowi dikutip Tirto, Jumat (9/12/2022).


"Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi melakukan sejumlah rangkaian acara dalam pernikahan Kaesang dan Erina Gudono, Jumat (9/12/2022).Prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Presiden Jokowi di depan kediamannya.

Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Jawa warna magenta dan ibu Iriana mengenakan kebaya corak bunga warna pink dan hijau muda memasang bleketepe yang menggambarkan kesepakatan melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa.

Mantan Wali Kota Surakarta itu datang sekitar pukul 08.15 WIB bersama istrinya, Iriana Widodo ke lokasi sungkeman. Kaesang lantas bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya. Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber.


Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu. Setibanya di kediaman, prosesi siraman dimulai dengan penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran selaku perwakilan keluarga. Tujuh sumber mata air tersebut diambil dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan Kediaman Solo. Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman.

Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Tampak sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu yaitu Menkopolhukam Mahfud Md., Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, Idong Setyo Husodo.

Kemudian Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut.


Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman. Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita, Erina Gudono di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini. Acara lantas akan dilanjutkan dengan malam midodareni dan ijab kabul, di Yogyakarta, pada Sabtu (10/12/2022), kemudian dilanjutkan tasyakuran ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, pada Minggu (11/12/2022).



Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KAESANG ERINA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight