Jokowi Minta Maaf jika Pernikahan Kaesang Mengganggu Warga

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 9 Des 2022 12:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi menghaturkan permohonan maaf kembali kepada masyarakat khususnya Yogyakarta dan Kota Solo atas pernikahan putra bungsunya, Kaesang.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghaturkan permohonan maaf kembali kepada masyarakat khususnya Yogyakarta dan Kota Solo atas pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan calon istri, Erina Gudono. Prosesi akad nikah akan digelar Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022) besok.

Kemudian dilanjut prosesi kirab dan tasyakuran yang akan digelar di Solo, Minggu (11/12/2022). Kirab dilakukan mulai dari Loji Gandrung. Bakal ada 12 kereta kencana dengan 28 kuda digunakan dalam kiram tersebut.

"Apabila ada yang terganggu, kenyamanannya terganggu, kami sekeluarga memohon maaf sebesar-besarnya utamanya kepada masyarakat Yogyakarta dan masyarakat Kota Solo," kata Jokowi usai acara sungkeman dan siraman yang digelar di kediaman Sumber, Kota Surakarta, Jumat, (9/12/2022).


Jokowi senang proses acara siraman dan sungkeman berjalan lancar. Sebagai ayah, dia berharap acara rentetan pernikahan bisa berjalan lancar.

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar, dan kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni kemudian besok ijab kabul, kemudian dilanjutkan dengan nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran semuanya bisa berjalan dengan baik," ujar Jokowi.

Saat prosesi sungkeman, Jokowi memberikan wejangan agar Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bisa menjadi keluarga yang bahagia.

"Kita sebagai orang tua mengharapkan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," ungkap Jokowi.

Sementara itu, Kaesang Pangarep mengaku sangat bahagia karena prosesi sungkeman dan siraman telah selesai. Kebahagiaan itu terpancar saat Kaesang meneteskan air mata menjalankan prosesi tersebut.

"Bahagia. (Tadi) nangis banget," ungkapnya.

Tidak hanya Kaesang terharu. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo juga menangis saat menjalankan prosesi.


"Tadi Ibu Iriana dulu yang nangis, terus Mas Kaesang ikut nangis. Mas Bobby aja nangis juga tadi," timpal Jokowi.

Kepada putra bungsunya, Iriana menitipkan pesan. Tidak lupa mendoakan agar Kaesang selalu bahagia.

"Yang pasti selalu bahagia ya le ya," ujar Iriana.




Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KAESANG-ERINA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight