Pilgub Jatim 2018: Khofifah-Emil Masih Unggul di Hasil Hitung KPU

Oleh: Tony Firman - 29 Juni 2018
Khofifah-Emil meraup perolehan suara sebesar 53,68 persen sementara pasangan Gus Ipul–Puti yang sebesar 46,32 persen.
tirto.id - Pilgub Jatim 2018 masih menempatkan pasangan Khofifah–Emil unggul dalam perolehan suara. Pasangan nomor urut satu itu meraup perolehan suara sebesar 53,68 persen sementara pasangan Gus Ipul–Puti yang sebesar 46,32 persen.

Jumlah ini diperoleh melalui hasil penghitungan suara cepat yang masuk di KPU Jatim. Sampai pukul 23.30 WIB, sistem informasi hitung cepat KPU Jatim tercatat sudah mencapai 75,80 persen.

KPU Jawa Timur masih terus melakukan rekapitulasi perolehan suara. Selain rekapitulasi manual, KPU juga menyajikan penghitungan cepat (situng).

Meski situng bersifat sementara dan belum bersifat final, sistem ini sudah dapat menunjukkan prediksi hasil penghitungan final dari KPU Jatim. Hal ini diungkapkan oleh Muhammad Arbayanto selaku Divisi Teknis KPU Jatim.

"Kalau dari situng itu kan masih mungkin adanya perubahan-perubahan akibat kesalahan tulis. Tapi itu signifikansinya sangat kecil. Bisa 0,1 paling tinggi 2015 dan 2017 kemarin akurasi antara situng dan hasil akhir erorr-nya ya 0,3 paling tinggi," ujar Arbayanto di Kantor KPU Jatim, Surabaya pada Kamis (28/6/2018).

Untuk pengumuman hasil akhir oleh KPU Jatim sendiri, Arba memprediksi bakal terlaksana pada 9 Juli 2018 mendatang. "Biasanya mengambil waktu yang space akhir karena tanggal 7 dan 8 berkoordinasi dengan teman-teman Kabupaten dan Kota barangkali ada persoalan-persoalan,” katanya menerangkan.

Ada pun data suara dari kota dan kabupaten yang sudah seratus persen masuk di situng KPU Jatim sampai saat ini berjumlah 12 wilayah, antara lain Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Probolinggo.


Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Tony Firman
(tirto.id - Politik)

Reporter: Tony Firman
Penulis: Tony Firman
Editor: Yuliana Ratnasari