Pesan Gus Sholah Saat Deklarasi Kemenangan Khofifah-Emil

Oleh: Tony Firman - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Gus Sholah hadir dan memberikan sambutan saat deklarasi kemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.
tirto.id - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid, atau akrab disapa Gus Sholah, mendatangi kediaman Khofifah Indar Parawansa di kawasan Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya, pada Rabu sore (27/6/2018).

Gus Sholah datang untuk mengucapkan selamat secara langsung atas hasil quick count Pilgub Jatim 2018 yang menyimpulkan Khofifah-Emil Dardak unggul atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur.

Setelah Khofifah dan Emil berpidato mendeklarasikan kemenangannya sekitar pukul 18.22 WIB, Gus Sholah kemudian turut memberikan sambutan.

"Alhamdulliah, hari ini kita mendapatkan gubernur dan wakil gubernur baru sebagai pilihan rakyat Jawa Timur. Menurut saya rakyat Jatim cerdas memilih pasangan yang lebih baik, yang telah dibuktikan dengan rekam jejak mereka selama ini," ujar Gus Sholah.


Gus Sholah berharap Khofifah - Emil mampu menjaga amanah yang diberikan oleh rakyat Jawa Timur dan mampu memberikan yang terbaik. Gus Sholah juga berpesan agar Khofifah - Emil meneruskan pencapaian gubernur sebelumnya.

"Dan mampu juga menjaga harapan masyarakat Jawa Timur karena mereka sangat berharap bahwa apa yang sudah dicapai oleh gubernur lama akan tetap dipertahankan oleh kedua pasangan ini," kata Gus Sholah.

Gus Sholah tiba di kediaman Khofifah sejak sekitar pukul 16.25 WIB. Dalam deklarasi kemenangan hasil hitung cepat tersebut, selain dihadiri Khofifah-Emil dan Gus Sholah, juga tampak istri Emil Dardak, Arumi Bachsin dan para perwakilan partai pengusung.

Sampai pukul 21.46 WIB, hasil hitung cepat Saiful Mujani Research Centre (SMRC), dengan 99,75 persen data masuk, menyatakan Khofifah-Emil mendapatkan suara sebesar 52,28 persen. Sementara, Saifullah-Puti mendapatkan 47,72 persen.

Sementara dalam hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, setelah 100 persen data masuk, menyatakan Khofifah-Emil mendapatkan suara 54,3 persen dan Saifullah-Puti mendapatkan suara 45,7 persen.

Hasil tersebut membuat peluang Khofifah menjadi Gubernur perempuan pertama di Jatim semakin besar. Khofifah tercatat sudah pernah gagal di dua Pilgub Jatim sebelumnya karena dikalahkan oleh pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

Untuk memantau hasil hitung cepat Pilkada Jatim 2018, dan juga pemilihan di beberapa daerah lain, bisa dilihat pada laman Tirto yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga survei, berikut ini.


Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Tony Firman
(tirto.id - Politik)

Reporter: Tony Firman
Penulis: Tony Firman
Editor: Addi M Idhom
DarkLight