Contoh Pidato untuk Hari HAM Soal Palestina

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 8 Des 2023 14:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini pidato untuk Hari HAM soal Palestina yang bisa dijadikan salah satu contoh saat peringatan Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember.
tirto.id - Palestina menjadi salah satu pembahasan yang dapat disampaikan dalam pidato Hari HAM 2023. Pidato tersebut dapat membahas penderitaan yang dirasakan warga Palestina akibat konflik dengan Israel. Berikut ini contoh pidato untuk Hari HAM soal Palestina.

Bagi Anda yang belum tahu, Hari HAM Sedunia atau Human Rights Day ke-75 akan diperingati pada Minggu, 10 Desember 2023 mendatang.

Hari HAM Sedunia adalah peringatan untuk mengenang Universal Declaration of Human Rights yang diproklamirkan United Nations General Assembly pada 10 Desember 1948 silam di Paris, Prancis.

Universal Declaration of Human Rights merupakan deklarasi yang menetapkan Hak Asasi Manusia sebagai hak dasar yang harus dilindungi semua orang tanpa memandang latar belakang apapun.

Di sisi lain, tema Hari HAM Sedunia 2023 adalah "Freedom, Equality and Justice for All (Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan untuk Semua)".

Contoh Pidato untuk Hari HAM Soal Palestina


Berbagai acara dapat dilakukan guna mendukung Hari HAM Sedunia 2023 mulai berpartisipasi dalam acara seminar, konferensi lokal maupun virtual, hingga dukungan inisiatif yang mempromosikan keragaman dan inklusi.


Dalam acara-acara berkaitan Hari HAM Sedunia 2023, dapat diperdengarkan pidato dengan tema-tema yang berkaitan.

Salah satu tema yang dapat dimuat dalam pidato untuk Hari HAM Sedunia 2023 adalah soal Palestina. Berikut ini contoh pidato tentang soal Palestina berkaitan Hari HAM Sedunia 2023:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan,
Rahayu.

Seluruh hadirin yang saya hormati,

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat dan karuniaNya kita dapat berkumpul di sini tanpa halangan suatu apa pun.

Dalam rangka Hari HAM Sedunia 2023, marilah kita bahu-membahu untuk menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia tanpa memandang ras, warna kulit, agama, jenis kelamin, bahasa, pandangan politik, asal usul kebangsaan, status sosial, kekayaan, hingga kelahiran.

Hadirin yang berbahagia,

Salah satu langkah konkret pertama yang dapat kita lakukan sekarang berkaitan Hari HAM Sedunia adalah mendukung perlawanan Palestina kepada Israel. Konflik Palestina dan Israel bukan lagi menyoal perebutan wilayah apalagi isu agama.

Akan tetapi, konflik Palestina dan Israel telah memasuki tragedi kemanusiaan yang sudah semestinya untuk dihentikan. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan Palestina dan Perhimpunan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS), jumlah korban tewas dari Palestina per 4 Desember 2023 sejumlah 15.523 jiwa. Jumlah tersebut belum termasuk korban luka sebanyak 41.316 orang serta warga yang dilaporkan hilang sekitar 6.800 jiwa.

Kita tidak boleh berdiam diri melihat Hak Asasi Manusia yang diinjak-injak di Jalur Gaza. Oleh sebab itu, berbagai dukungan dapat dilakukan mulai dengan doa, sumbangan/donasi, seruan dukungan kepada masyarakat, boikot produk pro Israel, dan sebagainnya.

Hadirin yang berbahagia,

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga hati para hadirin tergerak untuk mendukung Palestina baik secara materiil maupun immateriil.

Akhir kata,

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Shalom,
Om Shanti, Shanti, Shanti Om,
Namo buddhaya,
Rahayu.



Baca juga artikel terkait PIDATO SOAL PALESTINA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Dhita Koesno

DarkLight