Piala AFF 2018: Singkirkan Brunei, Timor Leste Masuk Grup Indonesia

Oleh: Fitra Firdaus - 8 September 2018
Timor Leste masuk ke Grup B di Piala AFF 2018, grup yang sama dengan Indonesia.
tirto.id - Timor Leste memastikan diri lolos ke Grup B Piala AFF 2018. Dalam laga kualifikasi leg kedua menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam pada Sabtu (8/9/2018), Timor Leste memang kalah 1-0. Namun hal itu tidak cukup membuat tim asuhan Norio Tsukitate tersingkir. Mereka menang agregat 3-2 dari sang lawan.

Pada leg pertama yang digelar di Stadion KLFA, Kuala Lumpur pada Sabtu (1/9) lalu, Timor Leste menang 3-1 dari Brunei. Dua gol pemain kunci Henrique ditambah aksi pemain pengganti Silveiro Garcia menjadi modal yang bagus bagi The Rising Sun, julukan Timor Leste.

Dalam leg kedua, berstatus sebagai tim tamu, Timor Leste menurunkan formasi 4-2-3-1. Yang ditunjuk sebagai ujung tombak adalah Rufino Walter, pemain kelahiran 20 Juni 1998. Ia ditopang tiga gelandang serang, termasuk Henrique.

Sementara itu, Brunei Darussalam yang diasuh pelatih asal Korea Selatan, Kwon Oh-Son menerapkan pola 4-4-2, dengan dua penyerang, Faiq Bolkiah dan Adi Said. Namun, dengan lini serang yang dipertajam, Brunei sempat dipaksa bermain imbang 0-0 sepanjang babak pertama oleh tamu mereka.

Brunei tampak memiliki peluang untuk mengejar agregat dua gol dari Timor Leste. Razimie Ramli yang dimasukkan sejak menit ke-66, berkontribusi pada gol selang sembilan menit. Assistnya berbuah gol Najib Tarif pada menit ke-75.

Namun, setelah itu tidak ada gol lagi yang tercipta dari kubu Brunei Darussalam. Mereka kalah agregat 2-3 dari Timor Leste, dan harus rela tersingkir ketika tampil di kandang sendiri.

Sebaliknya, Timor Leste yang menang di laga ini berhak lolos ke babak penyisihan grup Piala AFF 2018.

The Rising Sun
akan berada di Grup B, bersama Indonesia, Thailand, Filipina, dan Singapura. Sementara itu di Grup A, ada Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, dan Vietnam.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus