Indonesia Menang Piala AFF U-16, Presiden Jokowi: Ini Kado Terindah

Oleh: Yulaika Ramadhani - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
“Selamat kepada pemain dan pelatih. Gelar ini menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan.”
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengucapkan selama kepada Timnas Indonesia yang menjadi juara Piala AFF U-16 (Usia 16) Tahun 2018, setelah pada babak final yang berlangsung di Stadion Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam, menang adu penalti atas Thailand 4-3. Ia menyatakan kemenangan tersebut merupakan kado terindah menjelang Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2018.

“Selamat kepada pemain dan pelatih. Gelar ini menjadi kado terindah bagi Indonesia menjelang Hari Kemerdekaan,” ucap Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi.

Timnas Indonesia U-16 akhirnya menjuarai Piala AFF U-16 untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah mengandaskan Thailand lewat tendangan adu penalti dengan skor 4-3 dalam laga final. Sebelumnya dalam waktu normal, duel Timnas U-16 vs Thailand sama kuat 1-1.

Bertanding di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo Sabtu (11/8/2018), gol Garuda Asia dicetak oleh pemain pengganti, Muhammad Fajar Fathurahman pada menit ke-34. Sementara itu, gol penyama kedudukan Thailand juga dijaringkan sesama pemain pengganti, Apidet Jangnam pada menit ke-73.

Gol Fajar menjadi gol kedua baginya di ajang Piala AFF U-16 setelah gol pertamanya dicetak melawan Filipina.


Sebelumnya pertandingan, Presiden juga mendoakan perjuangan para pemain Timnas U-16.

“Selamat berjuang Timnas Sepak Bola Indonesia di partai final Piala AFF U-16 malam ini di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Tampilkan permainan terbaik, selalu junjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Doa untuk Garuda Muda, kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Semoga juara!,” cuit Presiden Jokowi melalui akun twititternya.

Indonesia mengawali perjalanan di Piala AFF U-16 dengan mengalahkan Filipina dengan skor meyakinkan 8-0. Setelahnya, Garuda Asia masing-masing mengalahkan Myanmar (2-1), Vietnam (4-2), Timor Leste (3-0), dan Kamboja (4-0).

Di babak semifinal, Indonesia mampu menaklukan Malaysia dengan skor 1-0. Hasil tersebut membuat Bagus Kahfi dan kawan-kawan melaju ke babak final untuk bertemu Thailand yang pada partai lainnya mengalahkan Myanmar (1-0).

Tak hanya catatan positif tersebut, Indonesia juga menorehkan rekor lain secara individu yang dicatatkan atas nama penyerang mereka, Amiruddin Bagus Kahfi. Setelah melewati rekor gol yang dicetak Marc Moric dan John Roberts dengan torehan 8 gol pada edisi 2015, pemain kelahiran Magelang tersebut mampu menorehkan 12 gol selama Piala AFF U-16 sekaligus mencatatkan dirinya dalam sejarah pencetak gol terbanyak di ajang tersebut.

Kemenangan atas Thailand di partai final membuat Indonesia mampu memasukkan 23 gol dan hanya kemasukan 4 gol.

Di ajang Piala AFF U-16, Thailand menjadi tim dengan juara terbanyak yakni pada 2007, 2011, dan 2015. Kekalahan atas Indonesia lewat adu penalti di final kali ini membuat Thailand menyamai prestasi musim lalu yang juga menjadi runner up setelah dikalahkan Vietnam yang juga lewat adu penalti.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live