Pertama Dalam Sejarah, Dua Astronaut Perempuan Akan "Spacewalk"

Oleh: Alifa Justisia - 8 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Misi McClain dan Koch di antariksa untuk pergantian baterai ISS yang dipasang pada musim panas lalu.
tirto.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa dua astronaut perempuannya, Anne McClain dan Christina Koch akan melakukan spacewalk pada 29 Maret mendatang.

Peristiwa ini akan menjadi kali pertama dalam sejarah bahwa NASA menyiapkan spacewalker dengan seluruh kru perempuan.

Sebagai informasi, spacewalk adalah aktivitas apapun di antariksa yang dilakukan oleh astronaut di luar pesawat luar angkasa.

"Seperti yang dijadwalkan saat ini, wahana antariksa 29 Maret akan menjadi yang pertama dengan semua spacewalker-nya adalah perempuan,” kata juru bicara NASA Stephanie Schierholz kepada CNN dalam sebuah email, Rabu (6/3/2019).

"Ini adalah yang kedua dari tiga serangkaian spacewalk yang direncanakan. Anne juga akan bergabung dengan Nick Hague untuk wahana antariksa 22 Maret. Dan, tentu saja, penugasan dan jadwal selalu dapat berubah," tambahnya lagi.

Mengutip dari CNN, sebagai bagian dari Ekspedisi 59 di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), astronaut NASA Anne McClain dan Christina Koch akan dibantu dari darat oleh pengontrol Badan Antariksa Kanada, Christian Facciol.

Melansir dari NBC, McClain dan Koch dipilih dari kelas calon astronaut NASA 2013, dengan jumlah pelamar nomor dua tertinggi dari yang pernah diterima badan antariksa itu. Dari delapan kandidat yang dipilih pada waktu itu, setengahnya adalah perempuan yang mewakili campuran ilmuwan dan pilot militer.

Sebelumnya, perjalanan ruang angkasa sebagian besar dilakukan oleh astronaut laki-laki, dengan bantuan beberapa anggota kru perempuan. Operasi yang memakan waktu berjam-jam ini biasanya melibatkan perbaikan dan peningkatan ke luar stasiun ruang angkasa.

Pada spacewalk 29 Maret mendatang, diperkirakan akan berlangsung sekitar tujuh jam. Meski demikian, NASA belum menentukan tugas apa yang akan ditangani McClain dan Koch.

McClain sebelumnya telah berpergian ke stasiun ruang angkasa dengan roket Soyuz Rusia pada Desember 2018. Sementara Koch, dijadwalkan akan melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa pada 14 Maret.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama astronaut perempuan spacawalk. Pada tahun 1963, kosmonaut Rusia Valentina Tereshkova menjadi wanita pertama yang terbang di luar angkasa.

Bertahun-tahun kemudian, nama Sally Ride muncul sebagai wanita Amerika pertama di luar angkasa. Ia diluncurkan dengan pesawat ulang-alik Challenger pada tahun 1983 sebagai bagian dari kru yang terdiri atas lima orang.

Menurut NASA, perjalanan luar angkasa diadakan untuk sejumlah alasan berbeda, termasuk melakukan pekerjaan di luar wahana antariksa, melakukan percobaan sains, dan menguji peralatan baru.

Astronaut juga melakukan perjalanan ruang angkasa untuk memperbaiki satelit atau pesawat ruang angkasa yang sudah ada di ruang angkasa, alih-alih membawa mereka kembali ke Bumi untuk memperbaikinya.

Mengenai misi McClain dan Koch, mereka akan melakukan pergantian baterai ISS yang dipasang pada musim panas lalu.


Baca juga artikel terkait MISI LUAR ANGKASA atau tulisan menarik lainnya Alifa Justisia
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Alifa Justisia
Penulis: Alifa Justisia
Editor: Ibnu Azis
DarkLight