Menuju konten utama

Personel BTS Mendominasi Brand Reputation Boy Group Februari 2019

Dari 10 besar daftar personel Brand Reputation boy group Korea Selatan bulan Februari 2019, 7 di antaranya merupakan anggota BTS.

Personel BTS Mendominasi Brand Reputation Boy Group Februari 2019
BTS berpose untuk foto di karpet merah di Seoul Music Awards di Gocheok Sky Dome di Seoul, Korea Selatan, Selasa, 15 Januari 2019. Lee Jin-man / AP

tirto.id - The Korean Business Research Institute baru saja merilis daftar peringkat brand reputation Februari 2019 untuk personel boy group Korea Selatan, yang didominasi personel BTS.

Peringkat itu ditentunkan berdasarkan analisis partisipasi konsumen serta indeks kesadaran komunitas dari 521 personel boy group, periode 14 Januari sampai dengan 15 Februari 2019.

Berdasarkan data yang dirilis Re Korea, 10 personel boy group yang masuk dalam daftar itu antara lain sebagai berikut.

  1. Jimin “BTS”
  2. V “BTS”
  3. Cha Eun Woo ASTRO
  4. Jungkook “BTS”
  5. Jin “BTS”
  6. Seungri “BIGBANG”
  7. Suga “BTS”
  8. RM “BTS”
  9. Yunho “TVXQ”
  10. J-Hope “BTS”

Dari 10 daftar di atas, 7 di antaranya merupakan personel BTS. Dengan kata lain, boy group asuhan Big Hit Entertaiment ini nyaris menguasai 70 persen.

Selain merilis daftar peringkat brand reputation, Korea Business Research Institute juga merilis jumlah poin yang diperoleh dari 3 posisi teratas, yang dikuasi Jimin dan V “BTS” serta Cha Eun Woo “ASTRO”.

Pada posisi ketiga yang diraih oleh Cha Eun Woo, ia memperoleh total indeks sebanyak 7.290.595. Sementara V yang berada pada posisi kedua berhasil mengumpulkan total indeks sebanyak 10.212.471.

Mengungguli kedua posisi di sebelumnya, Jimin berhasil mempertahankan posisi nomor 1 dengan total perolehan indeks sebanyak 13.064.314.

Tingginya total indeks dan peringkat yang diperoleh Jimin “BTS” berdasarkan banyaknya data pencarian di internet tentangnya dengan kata kunci berupa “grammy”, “chocolate”, dan “promise”.

Selain itu, kata kunci “cute”, “sexy”, dan “cool” juga termasuk dalam kata kunci yang paling dicari oleh nitizen di internet ketika mencari tahu tentang informasi yang berkaitan dengan Jimin.

Berdasarkan data analisis yang diolah tentang reaksi dari publik kepada idol, menunjukkan bahwa Jimin meraih total persentase sebanyak 85,09 dengan kesimpulan reaksi “positif”.

Hal itu tak mengejutkan lantaran Jimin belum lama ini jadi perhatian publik setelah sukses merilis single solo perdananya bertajuk “Promise” di platform SoundCloud pada 31 Desember lalu.

Belum genap 24 jam dirilis, lagu yang yang ia tulis bersama RM “BTS” telah didengar sebanyak 8,5 juta kali sekaligus sebagai artis yang memecahkan rekor dengan jumlah streaming terbanyak dalam kurun waktu 24 jam, sepanjang sejarah musik SoundCloud.

Menurut konfirmasi dari pihak Souncloud yang dilansir oleh Soompi, sesaat setelah dirilis, lagu “Promise” berhasil meraih posisi no 1 di SoundCloud Top 50 dan jadi Hot Chart selama 48 jam.

Belum lama ini, lewat lagunya tersebut, Jimin bahkan berhasil memecahkan rekor sebagai artis pertama Korea yang berhasil meraih 100 juta streaming dalam platform musik Soundcloud pada Senin (11/2/2019).

Tak berapa lama, capaian yang diraih oleh Jimin segera disusul oleh partner satu grupnya yang juga menduduki peringkat ke-2 dalam daftar brand reputation Februari, V “BTS”.

Keberhasilan yang diraih V “BTS” pada Jumat (15/2/2019) tersebut ia capai lewat lagu solo terbarunya bertajuk “Scenery” yang rilis pada 30 Januari 2019 lalu.

Atas pencapaian dua personel BTS itu, Jimin menjadi artis pertama Korea sementara V sebagai artis Korea tercepat yang berhasil meraih 100 juta streaming pada platform musik Soundcloud.

Baca juga artikel terkait atau tulisan lainnya dari Syarifah Aini

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Ibnu Azis