Perkiraan Susunan Pemain Kroasia vs Nigeria di Piala Dunia 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Luka Modric, Ivan Rakitic, dan Ivan Perisic adalah tiga nama yang hampir pasti masuk dalam susunan pemain Kroasia vs Nigeria di Grup D Piala Dunia 2018.
tirto.id - Pertandingan Kroasia vs Nigeria di Grup D akan digelar pada Minggu (17/6/2018) di Stadion Kaliningrad. Dengan melimpahnya penggawa di sektor gelandang, siapakah yang akan dipilih oleh pelatih Zlatko Dalic dalam susunan pemain Vatreni?

Selama ini, Kroasia memiliki satu formasi utama, 4-2-3-1. Namun, bahkan dengan adanya lima orang di sektor gelandang, Zlatko Dalic tetap kesulitan memutuskan siapa yang masuk dalam starting XI. Pasalnya, tiga tempat utama menjadi milik Ivan Rakitic (Barcelona), Ivan Perisic (Internazionale) dan Luka Modric (Real Madrid) sang kapten.

Sementara itu, dua posisi lain bisa diisi oleh tujuh pemain tersisa. Hal ini membuat sosok seperti Mateo Kovacic (Real Madrid) bahkan bisa terpental dari persaingan.

Khusus Ivan Perisic, dia mendapatkan waktu bermain paling banyak di antara para pemain depan Kroasia dalam dua laga uji coba kontra Brazil (kalah 2-0) dan Senegal (2-1). Perisic selalu tampil 90 menit.

"Pelatihlah yang pada akhirnya memutuskan siapa yang akan bermain, dan kami semua siap melayani tim," ungkap Perisic dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Kroasia (HNS) terkait persaingan ketat di timnya.

Faktanya, Kroasia memang bagai lebih 'membutuhkan sektor gelandang' dibandingkan satu penyerang di depan yang berfungsi untuk menjadi tembok bagi bek lawan atau bertugas 'memantulkan bola', entah itu Nikola Kalinic atau Mario Mandzukic.

Ketika Kroasia menyingkirkan Ukraina dengan agregat 6-1 di play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, lima dari enam gol yang tercipta berasal dari lini kedua.

Detailed Info Perisic, Ivan Piala Dunia 2018 sr:player:38710


Melihat hal ini, Nigeria layak sangat waspada. Selama ini, pelatih Gernot Rohr masih melakukan percobaan formasi dalam berbagai uji coba. Pola 3-5-2, 4-4-2 berlian, dan 4-2-3-1 menjadi ragam pilihannya, bergantung pada lawan yang dihadapi.

"(Kekuatan semua lini kami) seimbang. Gaya bermain kami juga tergantung pada lawan. (Sepakbola Nigeria) Ini bukan hanya tentang hasil, tetapi juga tentang gaya bermain tim," ungkap Rohr.

Ketika menghadapi Serbia, tim setipe Kroasia yang menggunakan formasi 4-2-3-1, Nigeria memakai pola yang sama, juga 4-2-3-1. Dengan demikian, kali ini Rohr berpeluang mengulang formasi itu lagi, yang menyiratkan perang di laga ini kemungkinan lebih banyak terjadi di wilayah tengah.

Perkiraan Susunan Pemain
Kroasia (4-2-3-1): Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strnic; Ivan Rakitic, Milan Badelj; Andrej Kramaric, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic

Nigeria (4-2-3-1):
Francis Uzoho; Abdullahi Shehu, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo, Brian Idowu; Wilfred Ndidi, Jon Obi Mikel; Victor Moses, Alex Iwobi, Kelechi Iheanacho; Odion Ighalo


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live