Zabivaka: Maskot Piala Dunia Rusia 2018

Oleh: An Ismanto - 14 Juni 2018
Terpilih melalui pemungutan suara melalui polling daring, situs FIFA, dan siaran langsung di Stasiun TV Channel 1 Rusia.
tirto.id - Zabivaka, yang berarti "yang mencetak gol", adalah maskot Piala Dunia 2018. Maskot berwujud serigala ini dirancang oleh mahasiswa desain bernama Ekaterina Bocharova. Zabivaka diumumkan oleh antara lain oleh FIFA pada 21 Oktober 2016 di situs webnya.

Zabavika terpilih sebagai maskot resmi untuk perhelatan akbar itu dalam pemungutan suara selama sebulan yang dilangsungkan melalui FIFA.com dan siaran langsung di stasiun TV Channel 1 Rusia yang melibatkan lebih dari satu juta warga Rusia.

Ronaldo, juara dunia 2 kali, mendampingi ketiga kandidat saat peluncuran di Channel 1. Zabivaka memenangi 53 persen suara, menyisihkan rancangan berwujud macan (27 persen) dan kucing (20 persen).

Proses penciptaan maskot Piala Dunia 2018 memakan waktu sekitar 18 bulan. Proses ini dimulai dengan penelusuran preferensi anak-anak Rusia melalui polling daring, yang menjadi dasar untuk para perancang.

Pada 21 November 2017, Zabivaka menyambut trofi Piala Dunia yang singgah di Sochi sebelum dibawa keliling dunia mengunjungi lebih dari 50 negara. Sambutan itu cukup menarik karena Zabivaka menaiki flying fox setinggi 240 meter yang merentang sejauh 700 meter.

Berikut karakteristik Zabavakia sebagaimana dijelaskan di situs resmi FIFA.

Zabavika adalah serigala yang memikat, percaya diri, bersifat sosial, dan selalu bermimpi menjadi bintang sepakbola.

Ia senang mengisi waktu senggang dengan bermain sepakbola. Ia pemain yang adil, menghargai rekan setim dan pemain lawan, dan bermain dengan terampil dan penuh tujuan.

Ia selalu gembira dan suka membuat orang lain tertawa.

Ia senang mengenakan kacamata olahraga yang keren saat beraksi. Dan ia suka berpose untuk difoto.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya An Ismanto
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: An Ismanto
Editor: An Ismanto