Perang Promo Go-Jek Vs Grab

Oleh: Yantina Debora - 16 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Go-Jek menghadirkan promo dengan pembelian menggunakan Go-Pay, sedangkan Grab menyediakan promo melalui Grab Pay dan OVO.
tirto.id - Grab dan Go-Jek sedang jadi perhatian publik. Ratusan pengemudi Grab memadati Jalan Kemang Timur Nomor 21, Jakarta Selatan yang menjadi markas Go-Jek,

Ratusan pengemudi Grab itu hendak mendaftar sebagai pengemudi Go-Jek usai perusahaan transportasi online itu mengumumkan pengemudi bisa memiliki dua akun.

Terdapat beberapa kebijakan Grab yang dinilai tak menguntungkan para pengemudi sehingga mereka memilih untuk mendaftar di Go-Jek.

Pengemudi Grab bernama Armen (27) merasakan tarif yang ditetapkan oleh Grab tidak lagi ramah bagi pengemudi.

"Paling kelihatan itu kalau Grab Food, tarif jauh dekat cuma Rp4.000, kalau Go Food kan tetap sesuai kilometer," tuturnya, Jumat (15/11/2018).

Jika dilihat dari sisi pengemudi Grab, tentu hal itu cukup merugikan. Namun dengan biaya tersebut, pikir Grab, akan menarik banyak konsumen untuk memesan Grab Food. Hal itu pernah disampaikan pihak Grab saat dituntut menaikkan tarif.

“Apa yang diutarakan tidak relevan karena nanti [tarif] terlalu mahal. Pengemudi tidak ada yang ambil penumpang, dan pengguna jadi lebih memilih naik taksi saja,” kata Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, di Hotel Aryaduta, Jakarta pada Selasa (7/8/2018).

Berbeda dengan Go-Jek. Meski Go-Jek mempertahankan tarif yang sesuai kilometer, tetapi perusahaan berusaha menarik konsumen dari sejumlah promo pembelian makanan menggunakan Go-Pay.

Misalnya, beli 1 makanan atau minuman di Excelso Yogyakarta, gratis 1 minuman. Beli menu apa saja di Hokben Yogyakarta pakai GO-PAY tanpa minimum transaksi, dapat Cashback 20 persen.

Promo Go-Pay Go-Jek tak hanya untuk layanan Go-Food. Pelanggan Go-Jek yang menggunakan Go-Pay juga bisa memanfaatkan promo dalam pembelian tiket bioskop, pembayaran di toko online hingga promo Go-Pay untuk pembelian pulsa. Misalnya promo potongan Rp10 ribu untuk pembelian pulsa di Go Pulsa menggunakan Go-Pay.

Jika Go-Jek mengandalkan Go-Pay untuk menarik perhatian konsumen, maka di Grab langsung mengerahkan promo Grab Pay dan OVO untuk menarik konsumen.

Pada tanggal 13-20 November ini, Grab menghadirkan promo bertajuk "Naik Gratisan" menggunakan Grab Pay. Tentunya promo ini disertai sejumlah syarat dan ketentuan.

Tak cukup dengan promo Grab Pay, perusahaan yang bermarkas di Singapura ini menghadirkan promo melalui OVO. Tak tanggung-tanggung Grab menyediakan promo tarif Rp1 buat pengguna GrabCar dan GrabBike. Promo ini berlaku bagi pengguna yang baru mengaktivasi OVO.

Selain promo di atas, dua perusahaan ini juga kerap membagikan sejumlah voucher dalam berbagai penawaran menarik kepada pengguna aplikasi.

Di Go-Jek, ada voucher untuk membeli produk-produk tertentu dengan potongan harga menarik. Misalnya voucher diskon Rp26 ribu di Sate Taichan Yogyakarta, atau diskon Rp12 ribu di Calais Yogyakarta. Pemberian diskon ini dibatasi dengan minimal pembeli sebanyak Rp50 ribu.

Sedangkan voucher yang disediakan Grab, misalnya dengan menghadirkan cashback hingga Rp10.000 untuk pembelian e-voucher Grab melalui Tokopedia.

Agar pengguna tetap menggunakan aplikasinya, dua perusahaan aplikasi online ini menghadirkan point reward. Semakin sering menggunakan aplikasi, maka semakin tinggi poin yang di dapat. Poin tersebut bisa ditukar dengan berbagai produk menarik yang disediakan perusahaan.

Namun tak jarang, berbagai promo ini bisa membebani para pengemudi. Salah satunya seperti layanan Grab Food yang hanya membebankan biaya Rp4.000 untuk jarak jauh dekat.


Baca juga artikel terkait PROMO atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora