Pengisian PDSS LTMPT: Edit Profil Sekolah di Verval PD & Verval SP

Oleh: Yulaika Ramadhani - 14 Januari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal pengisian PDSS 11 Januari 2021 sampai dengan tanggal 8 Februari 2021.
tirto.id - LTMPT mengumumkan pengisian PDSS telah dimulai Senin 11 Januari 2021 sampai dengan tanggal 8 Februari 2021. Berikut jadwal alur tahapan SNMPTN selengkapnya:

PDSS adalah basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible mendaftar, dikutip dari Informasi Sistem Seleksi Masuk PTN 2021 LTMPT.

Dalam prosesnya pengisian PDSS, terdapat halaman profil sekolah berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah, kedua data ini diambil dari data ang ada pada LTMPT dan sifatnya tidak dapat diubah.

Namun jika terdapat kesalahan, sekolah dimohon melakukan verifikasi validasi satuan pendidikan melalui laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/ atau juga verifikasi validasi peserta didik melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama PDSS mengakomodasikan perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap. Pengisian PDSS bakal dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab sekolah.
Siapa yang mengisi PDSS?

Pengisian PDSS ini dilakukan oleh sekolah, bukan siswa. PDSS mengakomodasikan Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Cara pengisian PDSS dilakukan melalui portal www.pdss.ltmpt.ac.id. Berikut cara mengisi PDSS di pdss.ltmpt.ac.id.


Panduan Cara Pengisian PDSS di pdss.ltmpt.ac.id

1. Login www.pdss.ltmpt.ac.id

Untuk mengisi PDSS, Anda harus login di portal https://pdss.ltmpt.ac.id. Login PDSS ini dengan menggunakan akun LTMPT yang telah terdaftar.

Bagi yang belum memiliki akun LTMPT, diimbau untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses PDSS LTMPT ini.

2. Informasi Sekolah (Profil)

Halaman profil sekolah berisikan informasi sekolah dan kepala sekolah, kedua data ini diambil dari data ang ada pada LTMPT dan sifatnya tidak dapat diubah.

Jika terdapat kesalahan, sekolah dimohon melakukan verifikasi validasi satuan pendidikan dan peserta didik melalui laman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/ dan http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

3. Cek Informasi Sekolah (data sekolah dan jurusan)

Halaman berikutnya yakni informasi sekolah dan jurusan. Pada halaman ini akan ada jurusan dari IPS, IPA hingga Bahasa beserta dengan kuotanya. LTMPT juga akan membuat per jurusan pada SMK, lengkap dengan jumlah kuotanya.

Isi kolom yang ada dan jika sudah selesai, silahkan pilih SIMPAN yang berada di sisi kanan. Setelah Anda berhasil menyimpan maka akan muncul notifikasi "Berhasil Menyimpan Jurusan dan Jenis Studi".

4. Finalisasi Data Sekolah

Tandai "saya setuju untuk memfinalisasi profil dan jurusan", lalu pilih finalisasi. Profil dan jurusan sekolah Anda tidak dapat berubah lagi setelah finalisasi.

Pastikan Anda melakukan finalisasi data sekolah hanya jika Anda sudah yakin bahwa kedua informasi yang disebut sebelumnya sudah tepat.

5. Pemeringkatan Siswa Eligible

Perhatikan bahwa informasi jurusan pada kanan atas didapatkan dari pengisian Anda sebelumnya pada Profil Jurusan. Selain itu, kuota yang tertulis pada kanan atas merupakan Kuota Siswa Eligible Per Jurusan berdasarkan ketentuan dari LTMPT.

Isikan data siswa hanya yang eligible per jurusan saja dan urutan memasukkan data siswa akan menjadi urutan "Ranking" dari siswa tersebut.

6. Finalisasi Ranking Siswa Eligible

Selanjutnya finalisasi ranking siswa eligible. Halaman ini merupakan tahapan akhir dari Penetapan Siswa Eligible oleh sekolah.

Lakukan "Finalisasi Data Siswa" hanya jika data rangking siswa per jurusan tersebut sudah benar. Anda tidak dapat menghapus atau menambah data siswa jika sudah melakukan finalisasi data.

Jika sekolah tidak melakukan finalisasi sampai batas akhir pengisian PDSS, maka sekolah yang bersangkutan tidak dinyatakan sebagai peserta SNMPTN dan siswa dari sekolah yang bersangkutan tidak dapat mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN 2021.

Syarat peserta yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN 2021
  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS.
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai dengan 5 yang telah diisikan di PDSS oleh pihak sekolah.
  5. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
  6. Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.
  7. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.
  8. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun.
  9. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN yang dituju).

Sementara itu, untuk mengetahui NISN bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan berikut ini:

1. Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id;
2. Klik menu Data Siswa (kiri layar);
3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama;
3. Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu.



Baca juga artikel terkait LTMPT atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Agung DH
DarkLight