Pengertian Globalisasi dan Contohnya di Berbagai Bidang

Oleh: Yuda Prinada - 23 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pengertian globalisasi adalah proses tatanan yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Ada banyak contoh globalisasi di berbagai bidang.
tirto.id - Dalam studi sosiologi, globalisasi dipelajari sebagai bentuk pemersatu berbagai negara untuk bisa saling bertukar informasi, pengetahuan, dan teknologi.

Berkat proses globalisasi, negara-negara di dunia "nyaris" kehilangan batas-batasnya dalam artian geografis. Maka itu, globalisasi juga memicu perubahan besar di dunia, terutama ketika mayoritas negara saling terhubung satu sama lain.

Mengutip penjelasan Hadion Wijoyo dkk, dalam Majanemen Pemasaran di Era Globalisasi (2020:5), secara etimologi, globalisasi berasal dari bahasa Inggris, yakni “globalize” atau “menyeluruh” dan imbuhan “ization” atau “proses”.


Susunan suku kata yang membentuk kata “globalization” itu diartikan sebagai proses mendunianya segala sesuatu. Jadi, pengertian globalisasi adalah suatu proses tatanan yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.

"Sebagai sebuah proses yang mendunia, globalisasi membawa nilai-nilai global yang diikuti oleh semua orang di setiap bangsa," demikian penjelasan di laman M-Edukasi Kemdikbud.


Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

Terdapat beberapa contoh terkait peristiwa globalisasi. Mulai dari globalisasi di sektor pendidikan, ilmu pengetahuan, kehidupan sosial budaya, sistem politik, dan terakhir yang disebutkan paling terlihat, yakni ekonomi.

Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, globalisasi yang menyebarkan informasi melalui penggunaan teknologi ternyata juga memiliki pengaruh. Kita dapat melihat contoh di bidang ini dalam kasus pertukaran pelajar antar-negara.

Mereka yang dipindahkan ke negara lain, secara otomatis akan mempelajari ilmu dari negara yang bukan asal muasalnya. Informasi baru akan diterima dan bisa menimbulkan perubahan ketika orang tersebut kembali ke negaranya.



Batas informasi di bidang pendidikan dikatakan tidak ada. Sekarang, semua orang bisa merasakan manfaat teknologi online yang disajikan untuk belajar, kendati sedang berada di rumah. Selain itu, ada juga sumber-sumber informasi yang tersebar secara gratis di internet dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran.

Bidang IPTEK

Bukan hanya pendidikan, baik ilmu pengetahuan dan teknologi juga mendapatkan pengaruh. Contoh dari globalisasi bidang ini seperti penemuan-penemuan alat penyampai informasi seperti smartphone, internet, dan lain-lain.


Komunikasi akan semakin mudah setelah ada benda tersebut. Selain itu, ada juga penemuan hasil globalisasi yang membantu seluruh negara agar bisa terjangkau, yakni transportasi seperti pesawat terbang, kapal, dan lain-lain.

Bidang Sosial Budaya

Globalisasi membuat orang bisa menjangkau kebudayaan negara lain dengan mudah. Proses peleburan dan hilangnya sebuah kebudayaan sudah lumrah terjadi jika kita membicarakan globalisasi.


Contoh jelasnya, kita bisa melihat Indonesia yang merupakan negara timur. Perkembangan teknologi dan informasi yang memperlihatkan budaya barat membuat masyarakat Indonesia tertarik sehingga perlahan meninggalkan budaya aslinya.

Bidang Politik

Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertugas menjaga kedamaian dunia bisa kita ambil sebagai contoh yang paling sering terdengar di telinga. Negara-negara saling memiliki keterkaitan satu sama lain demi menjaga kedamaian melalui wadah PBB.

Bukan haya perdamaian, banyak juga kerja sama antar negara yang memiliki ruang lingkup regional, seperti ASEAN (Asia Tenggara) dan Uni Eropa (Eropa).


Inti dari globalisasi bidang politik ini, setiap negara punya perannya masing-masing untuk bekerja sama atau mengatur negara lain yang terikat satu sama lain.

Bidang Ekonomi

Contoh terkait bidang ini paling mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara tidak sadar, seseorang bisa saja membeli barang hasil produksi luar negeri (impor) tanpa mengetahui bahwa benda tersebut merupakan hasil adanya globalisasi.

Kerja sama antara beberapa negara yang saling menginvestasikan dana untuk pembangunan juga bisa dikatakan sebagai contoh globalisasi ekonomi.


Secara umum, globalisasi di bidang ekonomi terkait erat dengan perdagangan bebas. Perdagangan bebas merupakan sistem perdagangan yang makin luas serta menghilangkan hambatan-hambatan dalam perdagangan internasional.

Bidang Komunikasi

Globalisasi di bidang komunikasi terlihat dari perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Kemunculan alat komunikasi, semacam telegram, telephon, hingga internet pada kenyataannya telah membuat umat manusia di seluruh dunia saat ini lebih mudah terhubung. Kondisi berbeda jauh dari masa beberapa ratus tahun silam saat sarana komunikasi jarak jauh paling umum adalah surat.

Bidang Transportasi

Contoh pengaruh globalisasi juga mudah terlihat di bidang transportasi. Teknologi transportasi yang semakin canggih kini membuat proses perpindahan orang dari satu negara ke negara lain semakin mudah. Modernisasi sektor transportasi, seperti dimulai dari penemuan kapal uap, mobil, hingga pesawat telah membuat negara-negara di dunia semakin mudah terhubung.


Baca juga artikel terkait GLOBALISASI atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom
DarkLight