Pendaftaran CPNS 2018: Kemenpan-RB Buka 6 Formasi Khusus

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 6 September 2018
Pada pendaftaran seleksi 2018, Kemenpan-RB membuka 6 formasi khusus mulai dari diaspora hingga atlet berprestasi internasional.
tirto.id - Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja, menjelaskan beberapa formasi yang dibuka dalam rekrutmen CPNS 2018.

Ada enam formasi khusus yang dibuka Kemenpan RB, diantaranya Diaspora, tenaga pendidik dan tenaga kesehatan, atlet berprestasi internasional, penyandang disabilitas, putra-putri Papua, serta penerima nilai Cumlaude.

"(Diaspora) ini untuk menarik warga kita yang selama ini berkiprah di negara lain untuk kembali ke negerinya dan membantu meningkatkan kualitas ASN kita. Ini baru dan tidak ada di rekrutmen sebelumnya," kata Setiawan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Formasi khusus itu dialokasikan untuk jabatan peneliti, dosen, dan perekayasa dengan pendidikan minimal Strata 2. Sementara khusus untuk perekayasa, kata dia, "dapat dilamar dari lulusan Strata 1."

Formasi khusus untuk atlet berprestasi internasional untuk mengimplementasikan janji pemerintah kepada para atlet yang berprestasi di ajang internasional.

Kemudian tenaga eks honorer kategori II yang memenuhi persyaratan juga bisa mendaftar formasi khusus bersama tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

"Kami harapkan kuota untuk formasi khusus ini di pemerintah pusat bisa mencapai 10 persen, dan 5 persen di pemerintah daerah," imbuh Setiawan.



Baca juga artikel terkait CPNS 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight