Pencairan Dana Talangan BPJS Tahap II Rampung 14 Desember 2018

Oleh: Hendra Friana - 6 Desember 2018
"Sudah cair Rp 3 triliun, sisa Rp 2,2 triliun, mungkin tanggal 14 (Desember)," kata Mardiasmo.
tirto.id - Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, menyampaikan bahwa dana talangan BPJS Kesehatan tahap kedua sedang dalam proses pencarian. Dana talangan tersebut dicairkan secara bertahap dengan total mencapai Rp5,2 triliun.

"Sudah cair Rp 3 triliun, sisa Rp 2,2 triliun, mungkin tanggal 14 (Desember)," kata Mardiasmo saat ditemui di Direktorat Jendral Pajak, Kamis (6/12/2018).

Sebelumnya, pemerintah menggelontorkan anggaran sebesar Rp4,9 triliun dari APBN untuk BPJS Kesehatan. Suntikan dana tahap II itu diberikan setelah rapat BPJS dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan dalam membahas hasil review kedua Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Suntikan dana ini diberikan untuk melunasi sisa tunggakan yang belum dibayarkan kepada rumah sakit mitra kerja BPJS Kesehatan.

Talangan dana yang dibutuhkan BPJS kesehatan kepada rumah sakit di Indonesia memang cukup besar. Defisit anggaran yang ditanggung BPJS di 2018 mencapai Rp16,5 triliun.

Terkait dengan sisa utang yang masih membelenggu BPJS, Mardiasmo belum mengetahui apakah nantinya pemerintah akan memberikan lagi suntikan dana.

Namun, kata dia, saat ini Kementeriannya telah memerintahkan BPKP mengaudit sistem baik di rumah sakit maupun pada BPJS Kesehatan itu sendiri.

"Kita lihat, tahun ini Rp 4,9 triliun di tambah Rp 5,2 triliun, nanti kita lihat ke depan seperti apa perbaikannya," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait BPJS KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Alexander Haryanto
Dari Sejawat
Infografik Instagram