Pemprov DKI Izinkan Kembali Ziarah Kubur Mulai Hari Ini

Oleh: Riyan Setiawan - 17 Mei 2021
Pemprov DKI Jakarta sempat melarang aktivitas ziarah kubur saat libur lebaran, namun mengizinkan tempat wisata hingga mal beroperasi.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengizinkan warga untuk melakukan ziarah kubur mulai hari ini, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melarang aktivitas ziarah kubur saat libur lebaran mulai 12-16 Mei 2021 yang bertujuan untuk mencegah risiko penularan COVID-19 akibat kerumunan. Namun di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta mengizinkan tempat wisata hingga mal beroperasi.

"Terkait makam, setelah dirapatkan, akhirnya memutuskan sampai [tanggal] 16 itu ditutup. Mulai hari ini [17/5], silakan sampai hari-hari berikutnya bisa ziarah kubur," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

Kendati diizinkan, politikus Partai Gerindra itu meminta kepada warga agar menerapkan protokol kesehatan saat berziarah.

"Kami minta tetap melaksanakan protokol kesehatan, bergiliran, gantian, tidak kerumunan, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan," ucapnya.

Kemudian Riza juga meminta maaf perihal kerumunan yang terjadi di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Dia mengaku Pemprov DKI telah mengurangi kapasitas pengunjung dari 50 persen menjadi 30 persen, namun kenyataannya tetap terjadi kerumunan.

Akhirnya Pemprov DKI dan pihak Ancol mengambil keputusan untuk menutup sementara sejak tanggal 15-17 Mei 2021. Selain itu, Kebun Binatang Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga ditutup sementara.

"Mohon maaf kepada masyarakat, agar dipahami, kami semua bekerja keras untuk memastikan tidak terjadi penularan COVID di DKI," ucapnya.


Baca juga artikel terkait LIBUR LEBARAN 2021 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight