PDIP Umumkan 45 Calon Kepala Daerah Hari Ini, Gibran Salah Satunya

Oleh: Haris Prabowo - 17 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon Wali Kota Sola pada Pilkada 2020.
tirto.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pengumuman tahap kedua 45 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dalam Pilkada 2020 hari ini, Jumat (17/7/2020).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya akan menggelar pengumuman melalui telekonferensi daring.

"Nantinya para fungsionaris DPP PDIP diminta untuk hadir di kantor pusat partai tersebut, sedangkan pengurus DPD atau DPC sudah bergabung dalam aplikasi yang sudah disediakan pada pukul 13.30 WIB," kata Hasto lewat keterangan tertulisnya yang diterima wartawan Tirto, Jumat pagi.

Hasto bakal membuka rapat DPP dengan agenda pengumuman 45 paslon sekaligus menyatakan acara dibuka untuk umum.

"Setelah itu, Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPP Bidang Politik PDIP membacakan nama-nama paslon dari wilayah timur ke barat. Kemudian tiga paslon mewakili tiga zonasi waktu diminta untuk memberikan tanggapan," kata Hasto.

"Ibu Megawati Soekarnoputri pun dijadwalkan memberikan pengarahan kepada calon kepala daerah dan wakil kepala daerah," tambahnya

Agenda kemudian ditutup dengan doa oleh Ketua DPP Bidang Keagamaan PDIP Hamka Haq yang setelahnya digelar konferensi pers secara daring.

Terkait Pilkada 2020, PDIP resmi mengajukan nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota Sola pada Pilkada 2020. Gibran akan didampingi Teguh Prakosa selaku bakal calon Wakil Wali Kota Solo. Keduanya merupakan kader PDIP DPC Surakarta.

Sekretaris DPC PDIP Surakarta, Teguh Prakosa membenarkan dirinya dan Gibran mendapat undangan dari DPP PDIP untuk datang ke Jakarta.

"Undangan sudah diterima DPC siang tadi, atas nama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPC. Serta undangan untuk calon, yaitu saudara Gibran dan saudara Teguh," kata Teguh saat dikonfirmasi wartawan Tirto, Kamis (16/7/2020) malam.

Teguh tidak menepis beredarnya rekomendasi DPP PDIP untuk bakal calon Pilwalkot Solo atas nama Gibran dan Teguh. "Ya kita tunggu bukti resminya besok siang," kata dia.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight