Menuju konten utama

PATA Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Indonesia

Indonesia menjadi tuan rumah even dan bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik, yakni Pacific Asia Travel Association (PATA) Travel Mart 2016. Dalam kesempatan ini, akan datang 1000 delegasi lebih ke Indonesia, Kemenpar yakin even besar ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), sehingga target 12 juta wisman masuk ke Indonesia hingga akhir tahun bisa tercapai.

PATA Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisman ke Indonesia
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo didampingi Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi (kiri kedua) dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) menggunakan pakaian adat Batak menyaksikan pelepasan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/8).ANTARA FOTO/Septianda Perdana.

tirto.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yakin PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart 2016 akan memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat dan akan membantu memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Indonesia sebanyak 12 juta wisman di akhir tahun 2016.

“Secara langsung kehadiran delegasi PTM (PATA Travel Mart) akan meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia yang akhir tahun ini menargetkan sebanyak 12 juta wisman,” kata Menpar Arief Yahya, dalam siaran pers yang diterbitkan oleh kemenpar.go.id, Rabu (7/9/2016)

Even dan bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik ini diikuti oleh 262 buyers dari 59 negara plus 9 spouses, sellers yang terdiri atas 219 perusahaan dan 416 delegasi dari 35 negara, serta media internasional terdiri atas 65 media dari 15 negara dan 12 bloggers.

Menpar Arief Yahya memperhitungkan delegasi yang mencapai kurang lebih 1000 orang itu akan membelanjakan dollarnya untuk akomodasi, transportasi, dan souvenir, maka sudah pasti akan memberikan perubahan pada pendapatan masyarakat sekitar.

“Selain meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, khusus di bidang pariwisata, even ini juga menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan obyek dan daya tarik pariwisata baru yang ada di Tanah Air antara lain 10 destinasi prioritas yang akan menjadi ‘10 Bali Baru’; Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jateng), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulteng); Bromo Tengger Semeru (Jatim); Mandalika (NTB), Morotai (Malut),” kata Menpar Arief Yahya.

PATA Travel Mart (PTM) 2016 akan berlangsung selama empat hari, mulai dari hari Rabu-Sabtu, (7-9/9/2016).

Seperti telah diketahui, PATA Travel Mart (PTM) adalah ajang pameran wisata di Asia Pasifik, yang di dalamnya akan tampil berbagai macam perusahaan dan kontraktor besar yang dapat membantu biro perjalanan dan pariwisata mengakses stakeholder besar, bertemu klien baru, memperluas jaringan dan membangun atau mempertahankan hubungan dengan jaringan yang sudah dimiliki.

Even ini diadakan pada bulan September setiap tahun, PTM menampilkan produk wisata dan jasa dari pasar regional Asia Pasifik, berkualitas, dan sudah terpercaya.

PTM 2016 berlangsung di Pameran Konvensi Indonesia (ICE) diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata, Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Banten dan PATA Indonesia Chapter.

Baca juga artikel terkait PARIWISATA NASIONAL atau tulisan lainnya dari Mutaya Saroh

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh