tirto.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yakin PATA (Pacific Asia Travel Association) Travel Mart 2016 akan memberikan dampak ekonomi langsung pada masyarakat dan akan membantu memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Indonesia sebanyak 12 juta wisman di akhir tahun 2016.
“Secara langsung kehadiran delegasi PTM (PATA Travel Mart) akan meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia yang akhir tahun ini menargetkan sebanyak 12 juta wisman,” kata Menpar Arief Yahya, dalam siaran pers yang diterbitkan oleh kemenpar.go.id, Rabu (7/9/2016)
Even dan bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Pasifik ini diikuti oleh 262 buyers dari 59 negara plus 9 spouses, sellers yang terdiri atas 219 perusahaan dan 416 delegasi dari 35 negara, serta media internasional terdiri atas 65 media dari 15 negara dan 12 bloggers.
Menpar Arief Yahya memperhitungkan delegasi yang mencapai kurang lebih 1000 orang itu akan membelanjakan dollarnya untuk akomodasi, transportasi, dan souvenir, maka sudah pasti akan memberikan perubahan pada pendapatan masyarakat sekitar.
“Selain meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia, khusus di bidang pariwisata, even ini juga menjadi ajang yang efektif untuk mempromosikan obyek dan daya tarik pariwisata baru yang ada di Tanah Air antara lain 10 destinasi prioritas yang akan menjadi ‘10 Bali Baru’; Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Borobudur (Jateng), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulteng); Bromo Tengger Semeru (Jatim); Mandalika (NTB), Morotai (Malut),” kata Menpar Arief Yahya.
PATA Travel Mart (PTM) 2016 akan berlangsung selama empat hari, mulai dari hari Rabu-Sabtu, (7-9/9/2016).
Seperti telah diketahui, PATA Travel Mart (PTM) adalah ajang pameran wisata di Asia Pasifik, yang di dalamnya akan tampil berbagai macam perusahaan dan kontraktor besar yang dapat membantu biro perjalanan dan pariwisata mengakses stakeholder besar, bertemu klien baru, memperluas jaringan dan membangun atau mempertahankan hubungan dengan jaringan yang sudah dimiliki.
Even ini diadakan pada bulan September setiap tahun, PTM menampilkan produk wisata dan jasa dari pasar regional Asia Pasifik, berkualitas, dan sudah terpercaya.
PTM 2016 berlangsung di Pameran Konvensi Indonesia (ICE) diselenggarakan oleh Departemen Pariwisata, Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Banten dan PATA Indonesia Chapter.
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh