Pasien Corona di Indonesia: RSPI Klaim Kondisi 2 WNI Depok Membaik

Reporter: Mohammad Bernie, tirto.id - 3 Mar 2020 13:25 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kondisi dua orang pasien Corona di RSPI Sulianti Saroso telah membaik, menurut Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril.
tirto.id - Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menerangkan kondisi dua orang pasien Corona telah membaik. Namun, pihak rumah sakit belum mengizinkan keduanya dijenguk siapa pun.

"Alhamdulillah kedua pasien positif Corona ini kondisinya membaik, jadi dia bisa berkomunikasi bagus, demam tidak ada lagi, tinggal batuk-batuk yang sedikit, tidak sesak nafas, makan oke dan berkomunikasi bagus," kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso pada Selasa (3/3/2020).

Syahril menyebut saat masuk, keduanya dalam kondisi sakit batuk dan demam.

Meski begitu sampai saat ini keduanya masih belum boleh dijenguk oleh siapa pun. Bahkan petugas rumah sakit harus memakai pakaian lengkap jika hendak masuk ke ruang isolasi.

Namun, keduanya masih diperkenankan berkomunikasi lewat gawai. "Di sana dia bisa ber-Whatsapp, telepon, video call," kata dia.

Syahril menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan lagi pada 5 hari usai keduanya mulai diisolasi. Jika hasilnya negatif, maka keduanya akan menunggu lagi lima hari untuk diperiksa lagi.

Bila hasilnya kembali menunjukkan negatif dan sudah tidak ada gejala, baru keduanya dibolehkan pulang.

"Karena kepulangan itu, satu kalau dia negatif, kedua kalau sudah tjdak ada gejala," kata Syahril.

Saat ini, selain menangani dua pasien positif Corona, RSPI Sulianti Saroso juga tengah menangani 6 orang pasien suspect Corona yang baru datang pada kemarin malam dan tadi pagi.

Malam kemarin, empat orang datang ke RSPI Sulianti Saroso. Tiga di antaranya pernah kontak langsung dengan dua pasien positif dan kini mengalami gejala seperti demam, batuk, dan sakit tenggorokan. Sementara satu orang lainnya baru datang dari negara yang terjangkit corona.

Pagi tadi, RSPI kedatangan dua orang lagi yang merupakan pasien rujukan, salah satunya merupakan warga negara asing.

Syahril menjelaskan enam orang itu langsung diperiksa. Diperkirakan hasil pemeriksaan enam suspect itu akan keluar besok.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Maya Saputri

DarkLight