Panduan Upload Scan Dokumen Syarat CPNS 2019, Swafoto Hingga KTP

Oleh: Ibnu Azis - 15 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara upload scan dokumen PDF dan JPG/JPEG syarat pendaftaran CPNS 2019 ke portal SSCASN BKN dari swafoto hingga KTP.
tirto.id - Persyaratan CPNS 2019 mewajibkan pelamar mengunggah scan dokumen ke portal SSCASN BKN mulai swafoto hingga KTP. Proses ini dilakukan saat pendaftaran yang telah dibuka sejak 11 November 2019.

Sebelum upload dokumen persyaratan dalam seleksi CPNS 2019, para pelamar ada baiknya untuk mengetahui kriteria dokumen yang dimaksud termasuk panduannya. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Jenis Dokumen Persyaratan CPNS 2019

Sebagaimana dijelaskan di laman FAQ SSCN BKN, ada 7 jenis dokumen persyaratan di seleksi CPNS 2019, yakni pas foto, swafoto, KTP, surat lamaran, ijazah + Serdik/STR, transkip nilai, dan dokumen pendukung lainnya.

7 dokumen yang akan diunggah ke portal SSCASN BKN itu berupa hasil pindaian atau scan dengan format berbeda untuk masing-masing dokumen. Artinya, bukan file orisinal dokumen.


2. Ukuran dan Format Dokumen Persyaratan CPNS 2019

Dokumen-dokumen yang akan diunggah memiliki ukuran tertentu terkait batas maksimal kapasitas termasuk formatnya.

Untuk dokumen scan swafoto, KTP, dan pas foto berformat JPEG/JPG dengan kapasitas atau ukuran maksimal 200 Kb.

Sisanya, berformat PDF, tetapi dengan ukuran berbeda, yakni surat lamaran sebesar 300 Kb, ijazah + Serdik/STR sebesar 800 Kb, transkip nilai sebesar 500 Kb, dan dokumen pendukung lainnya sebesar 800 Kb.

3. Kompres Ukuran Dokumen Jika Kapasitasnya Besar

Pastikan dokumen yang akan diunggah ke portal SSCASN BKN tidak melebihi ukuran yang telah ditetapkan. Sebab, secara otomatis dokumen akan ditolak oleh sistem apabila ukurannya tak sesuai.

Ada beragam tool online di internet yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran dokumen (PDF dan JPG/JPEG) dan ditawarkan secara gratis. Manfaatkan tool-tool ini untuk proses kompres scan dokumen itu.


4. Contoh Swafoto

Berdasarkan informasi dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional 2019, BKN sebenarnya tidak menjelaskan detail aturan swafoto di penerimaan CPNS 2019.

Instansi yang membuka penerimaan CPNS 2019 pun juga tak melakukan itu, tetapi hanya menyebutkan kisi-kisinya.

BKN menjelaskan, swafoto CPNS 2019 dilakukan dengan memegang KTP/Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil dan Kartu Informasi Akun.

Dari contoh swafoto di Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi CPNS Nasional 2019, pelamar mengunggah swafoto CPNS 2019 dengan memegang KTP/Surat Keterangan Perekaman dari Dukcapil di tangan kiri dan Kartu Informasi Akun di tangan kanan.


5. Agar Proses Unggah Dokumen Lebih Cepat

BKN mengimbau agar pelamar CPNS 2019 mempersihkan riwayat pelacakan, cache, dan cookies peramban.

Pelamar disarankan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil, space bandwith yang cukup, sehingga dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.

Pelamar juga diminta untuk menggunakan peramban versi terbaru. Bila koneksi terputus, refresh ulang browser yang digunakan dan login kembali jika diperlukan, lalu ulangi proses pendaftaran.

Pelamar yang sudah mendaftar secara online, tidak harus mengirim berkas fisik. Namun, berkas fisik untuk seleksi admin tergantung pada kebutuhan masing-masing instansi.

Untuk itu, pelamar perlu memperhatikan pengumuman dari masing-masing instansi.


Baca juga artikel terkait CPNS 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight