Oppo Find X Hari Ini Dirilis di Indonesia, Pre-order di Lazada

Oleh: Ibnu Azis - 18 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Oppo Indonesia belum mengungkap harga dan spesifikasi Find X yang akan diluncurkan hari ini di Indonesia.
tirto.id - Oppo Find X hari ini, Rabu (18/7/2018) rencananya akan dirilis di Indonesia usai debut global pada Juni lalu. Di hari yang sama, smartphone ini bisa langsung dipesan melalui pre-order eksklusif di saluran penjualan online terpilih, Lazada.

Oppo Find X pertama kali diperkenalkan pada 19 Juni 2018 di Museum Louvre, Paris, Perancis. Kemunculannya mengundang decak kagum berkat tampilan layar penuh tanpa notch berbingkai super tipis dengan screen-to-body ratio mencapai 93,8 persen.

Spesifikasi Oppo Find X


Melansir GSM Arena, The Future Flagship—sebutan Oppo Find X—ini mengusung layar 6,42 inci tipe AMOLED rasio 19,5:9 resolusi 1080x2340 piksel. Panel depan dilindungi lapisan Gorilla Glass generasi kelima dengan kerapatan layar mencapai 401 piksel per inci.

Karena ini adalah smartphone flagship, "dalaman" Oppo Find X pun menawarkan kualitas terbaik. Didukung chipset tercepat Qualcomm saat ini yakni Snapdragron 845 dan unit pengolah grafis Adreno 630, dapur pacu itu dipadukan dengan 8GB RAM serta 128/256GB ROM namun tak ada slot microSD.

Yang menarik dari perangkat ini tentu saja pada sektor kamera. Selain membawa resolusi terbaik, dari segi teknologi patut diapresiasi. Oppo Find X sekilas tak memiliki fitur fotografi sebab tidak tersemat kamera satu pun di bagian depan maupun belakang.


Hal itu terjadi berkat teknologi kamera 3D "tersembunyi" yang akan otomatis bergeser (pop-up) pada bagian atas ponsel begitu fitur fotografi diaktifkan dan menutup bila tak digunakan, berlaku pula jika menunjukkan tanda-tanda perangkat akan terjatuh.

Oppo Find X dibekali kamera utama ganda pop-up konfigurasi 16MP dan 20MP masing-masing bukaan f/2.0 dengan dual-LED dan dual-tone flash. Pada lensa selfie juga dikemas pop-up dengan resolusi 25MP bukaan f2.0.

Ditopang baterai 3.730 mAh dengan teknologi VOOC Flash Charge via USB Type-C, Oppo Find X berjalan di sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.1. Patut dicatat ini adalah spesifikasi global perangkat tersebut saat dirilis di Paris. Oppo Indonesia belum mengungkap spesifikasi smartphone ini termasuk soal harga untuk versi di Tanah Air.

Harga Oppo Find X


Kendati demikian pihak Oppo Indonesia sempat memberikan bocoran bahwa harga Oppo Find X di Indonesia bakal lebih terjangkau dibandingkan versi Eropa yang diluncurkan pada Juni silam.

"Lebih terjangkau dari Eropa iya," kata Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia kepada Tirto, Selasa (17/7).

Saat dirilis global, Oppo Find X dijual dengan harga 999 Euro atau sekitar Rp16,8 juta. Menurut GSM Arena, perangkat ini secara resmi bakal dipasarkan di Italia, Spanyol, Perancis, dan Belanda mulai bulan Agustus.

Pada Kamis (12/7/) pekan lalu, Oppo Find X juga resmi mendarat di India dan dijual seharga 59.990 Rupee atau sekitar Rp12,6 juta untuk model 8GB RAM + 256GB ROM. Menggandeng Flipkart, Oppo India membuka masa pre-order dengan penjualan online dan offline mulai 3 Agustus mendatang.


Sementara itu, Star Online melaporkan bahwa Oppo Find X juga resmi hadir di Malaysia pada Selasa (17/7). Di hari yang sama, masa pre-order juga dibuka yang ditawarkan ke pengguna dengan harga 3.699 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp13 juta untuk varian 8GB RAM + 256GB ROM.

Aryo sendiri enggan memberikan informasi lebih lanjut perihal harga dan mempersilakan pengguna di Indonesia untuk sabar menunggu saat Oppo Find X resmi diperkenalkan di Tanah Air.

"Kisarannya belum bisa ngasih tahu nih," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait OPPO FIND X atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis