'Odading Mang Oleh' Viral, Ade Londok Jadi Duta Kuliner Jabar

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 September 2020
Warga yang memviralkan Odading penganan khas Kota Bandung ditunjuk jadi duta UMKM bidang kuliber Jabar.
tirto.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng Ade Londok, warga setempat yang viral setelah menilai makanan Odading Mang Oleh, menjadi duta promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan, alasan Ade Londok jadi duta UMKM karena mampu meningkatkan penjualan Odading Mang Oleh di Jalan Baranang Siang, Kosambi, Kota Bandung,

Ridwan Kamil mengapresiasi cara promosi Ade Londok, tetapi ia meminta agar bahasa kampanye lebih santun dalam kampanye berikutnya.

"Beliau bisa membuat satu produk menjadi terkenal salah satunya dengan skill [kemampuan] bahasa, tapi saya titip ke depan bahasanya harus lebih sopan," ucap Ridwan Kamil, Rabu (16/9/2020).

Odading merupakan penganan berbahan tepung yang digoreng. Rasanya manis. Di daerah lain Odading disebut Roti Goreng (Malang) dan Bolang-Baling (Semarang).

Kang Emil memberikan hadiah gawai baru kepada Ade Londok dalam rangka mendukung upaya Ade Londok untuk mempromosikan UMKM kuliner Jabar melalui media sosial.

"Kemarin ada aspirasi, katanya HP-nya error, akhirnya sekarang saya kasih hadiah HP baru," katanya.

"Dibuka isinya (kotak bingkisan), bisi (barangkali) isinya odading," kelakar Kang Emil saat menyerahkan bingkisan berisi HP anyar untuk Ade Londok.

Sambil mendekap kotak tersebut, Ade Londok pun mengucapkan terima kasih kepada Kang Emil.

"Hatur nuhun yang terhormat Bapak Ridwan Kamil. Sing sehat, aya dina keberkahan [yang sehat, semoga selalu ada dalam keberkahan]," ucap Ade Londok.

Ade Londok kini menjadi buah bibir di dunia maya usai mengunggah video memakan Odading Mang Oleh di media sosial. Di video itu, ia mempromosikan Odading Mang Oleh dengan menggebu-gebu dan disisipi kalimat bahasa Sunda.

"Odading Mang Oleh. Mmmm rasanya seperti Anda menjadi Iron Man. Belilah Odading Mang Oleh _di dieu_..."

Baca juga artikel terkait KULINER SUNDA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight