Myanmar Konfirmasi Kasus Positif Pertama COVID-19, Liga Ditunda

Oleh: Beni Jo - 27 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Liga Myanmar masih menggelar dua pertandingan pada Senin (23/3/2020) lalu.
tirto.id - Myanmar National League (MNL) menunda kompetisi liga sepak bola untuk pekan ini. Keputusan itu diambil menyusul ditemukannya kasus positif pertama virus corona COVID-19 di sana.

"Untuk melindungi para pemain, ofisial, suporter, dan pihak lainnya dari infeksi penyakit ini, semua pertandingan Myanmar National League dinyatakan ditunda. Terkait jadwal pertandingan berikutnya akan diberitahukan menyusul," pernyataan resmi MNL dikutip Fox Sport, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan dan Olahraga Myanmar telah mengonfirmasi adanya kasus virus corona pertama di negara itu pada Senin (23/3).

Dengan ditemukannya kasus tersebut, maka pihak otoritas penyelenggara liga akhirnya membuat keputusan untuk menunda kompetisi sebagai langkah memutus rantai penyebaran virus corona.

Liga Myanmar 2019/2020 sendiri telah memasuki pekan ke-10 dan terakhir kali menghelat pertandingan pada Senin (23/3) lalu. Dua laga sempat digelar ketika itu.

Duel itu yakni melibatkan Hantharwady United vs Zwekapin United, berakhir dengan skor 4-2, serta penampilan Sagaing United vs Chin United yang berkesudahan dengan hasil akhir 3-1.

Beberapa klub baru menyelesaikan sembilan pertandingan dengan empat tim lainnya sudah tampil selama 10 laga sejak liga digulirkan pada 10 Januari silam.

Untuk peringkat pertama, Hantharwady United masih menguasai puncak klasemen dengan koleksi 27 poin. Sembilan kali menang dan sekali kalah dari 10 laga.

Mereka hanya selisih empat angka dengan posisi runner-up yang dihuni oleh Ayeyawady United melalui torehan 23 poin dengan sembilan kali pertandingan.

Artinya, masih ada peluang bagi tim peringkat kedua untuk mendekati klub pemuncak. Meskipun selisih gol di antara mereka saat ini terpaut cukup jauh, yakni dengan +7 angka untuk Ayeyawady berbanding +22 milik Hantharwady.

Berbeda dengan Liga Myanmar yang masih menyelenggarakan kompetisi hingga mendekati akhir Maret di tengah pandemi corona, beberapa liga di negara-negara ASEAN sebelumnya sudah memutuskan untuk menghentikan kompetisi sementara waktu.

Termasuk di antaranya ialah Liga Thailand (Thai League). Di negeri Gajah Putih itu, penundaan dilakukan sejak 3 Maret lalu.

Hal tersebut tidak hanya untuk kompetisi level teratas saja, yakni Thai League 1, tetapi juga tiga level kompetisi di bawahnya, yaitu Thai League 2, Thai League 3, dan Thai League 4 yang merupakan kompetisi profesional dan semi profesional di negara tersebut.

Sedangkan Liga 1 Indonesia juga terkena imbas dari pandemi virus corona. Baru memasuki pekan ketiga, kompetisi di tanah air sudah dihentikan sementara.

Bahkan, kompetisi Liga 2 yang baru berjalan satu pekan pun terpaksa ditunda pelaksanaannya lantaran virus yang sudah mulai memasuki Indonesia ketika itu.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight