Jadwal Liga Asean (ACC) Batal Digelar 2020 karena Pandemi COVID-19

Oleh: Fitra Firdaus - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal ASEAN Club Championship (ACC) 2020 yang sedianya bergulir pada Mei hingga November resmi ditunda karena pandemi virus corona COVID-19.
tirto.id - ASEAN Club Championship (ACC) yang sedianya digelar pada 9 Mei hingga 4 November 2020 resmi ditunda hingga tahun depan terkait pandemi virus corona COVID-19. Hal ini diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) pada Kamis (26/3/2020).

"ASEAN Club Championships (ACC) yang sangat dinanti-nantikan dan bakal diluncurkan tahun ini, resmi telah dijadwalkan ulang (untuk digelar pada) 2021," keterangan dalam situs web resmi AFF.

Dalam rencana awal, ACC akan melibatkan semua asosiasi sepak bola yang dipayungi oleh AFF. Artinya, klub-klub yang tampil dalam kejuaraan ini adalah tim dari 11 negara anggota AFF. Namun, ada klub dari lima asosiasi yang terlebih dahulu menjalani play-off, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Filipina, dan Timor Leste.

Namun, pada praktiknya hanya ada 9 asosiasi sepak bola yang rencananya terlibat di ACC 2020, dengan rincian tim-tim asal Filipina, Laos, Kamboja, dan Brunei mesti menjalani play-off, sedangkan tim asal Thailand, Vietnam, Indonesia, Singapura, dan Myanmar otomatis ke babak grup.

Babak grup sendiri akan diisi oleh 10 tim, sehingga setiap grup diisi 5 tim. Pertandingan babak ini --yang artinya total 10 matchday--- awalnya bakal digelar selama lima bulan.

"Dengan jadwal ACC berupa 10 matchday selama 5 bulan dalam jadwal regional (ASEAN), sekarang jelas bahwa dengan kondisi yang berlaku (akibat pandemi corona), penjadwalan ulang dari liga-liga nasional AFF nasional ditambah kompetisi AFC yang belum diputuskan, tidak akan ada cukup waktu untuk menyelesaikan kejuaraan (ACC) tahun ini," keterangan tambahan AFF.

Dua wakil Indonesia yang rencananya akan turun di ACC 2020 adalah Bali United dan Persebaya. Bali United sendiri tampil di Piala AFC 2020 bersama PSM Makassar. Kompetisi tersebut sudah dinyatakan oleh AFC ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan terkait pandemi corona terhitung 18 Maret 2020.



Liga-liga domestik di ASEAN mengalami pembekuan sementara terkait masalah yang sama. Liga 1 2020 dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan oleh PSSI. Sementara itu, Thai-League atau Liga Thailand resmi memperpanjang masa penundaan hingga 2 Mei 2020.

ACC 2020 bukanlah satu-satunya kejuaraan sepak bola di lingkup AFF yang mengalami penundaan. Dalam rilis yang sama pada Kamis (26/3/2020), AFF menyebut Piala AFF Wanita, Piala AFF U18 Wanita, Piala AFF U16, dan Piala AFF U19 yang semuanya digelar pada Mei hingga Agustus resmi ditunda hingga kalender lebih belakangan pada tahun ini.

Sementara itu, Piala AFF atau ASEAN Football Championship yang akan digelar pada November 2020, sejauh ini tetap bakal dimainkan sesuai jadwal.

Baca juga artikel terkait ACC 2020 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight