Pilpres 2024

Muzani Tegaskan Prabowo Capres Tunggal Gerindra di 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 2 Sep 2022 11:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Ahmad Muzani menegaskan seluruh kader Partai Gerindra solid mendukung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.
tirto.id - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan bahwa hingga saat ini partainya hanya mengajukan capres tunggal yaitu Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan sebagai bentuk respons adanya seorang kader Gerindra yang berwacana maju menjadi capres di Pemilu 2024.

"Gerindra dan PKB sudah menandatangani nota koalisi. Kereta ini sebentar lagi akan jalan. Masinisnya Gerindra dan PKB. Maka keputusan Rapimnas yang dihadiri oleh semua ranting, PAC, DPC, dan DPD menyatakan bahwa capres Gerindra hanya satu, capres Gerindra tunggal. Artinya tidak ada nama lain kecuali Prabowo Subianto," tegas Muzani dalam rilis tertulis pada Kamis (1/9/2022)/

Muzani menegaskan bila ada kader Gerindra yang hendak maju atau mendukung pihak lain, maka harus keluar dari partai sesegera mungkin.

"Jika ada kader Gerindra yang tidak ingin ikut rombongan kereta. Saya minta untuk turun sebelum kereta ini jalan," tegasnya.

Dirinya menyindir pihak yang mau menjadi capres namun tidak pernah berkontribusi untuk partai. Menurutnya hanya Prabowo Subianto yang layak menjadi capres karena jasanya dalam membangun Gerindra hingga saat ini.

"Kalau ada orang yang mau jadi presiden, tidak pernah membesarkan partai, nggak pernah datangi kantor partai, tidak pernah pasang bendera spanduk, tiba-tiba nongol mau jadi presiden ketemu pasal berapa?," ungkapnya.

Menurutnya seluruh kader Gerindra yang tersebar di Indonesia solid untuk mendukung Prabowo. Sehingga dipastikan tidak ada kader baik individu atau pengurus wilayah yang mendukung pihak lain.

"Ranting di Lumajang yang paling jauh kecamatannya saja berharap Prabowo Subianto jadi presiden. Artinya tidak ada nama lain karena Prabowo Gerindra, Gerindra Prabowo. Betul partai ini baru 14 tahun usianya. Kami baru tiga kali ikut pemilu. Tapi, taat kepada pemimpin, kader yang disiplin kepada partai adalah napas kami. Kami mencoba untuk terus setia, berkomitmen, dan konsisten berjuang dan taat pada keputusan partai," imbaunya.

"Jangan coba-coba ganggu kami untuk memecah belah jati diri kami. Seluruh kader Gerindra akan tetap berdiri di belakang Prabowo Subianto. Mau di Lumajang, di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan seluruh kader Gerindra dimana pun berada saya pastikan bahwa mereka berada di belakang Prabowo Subianto," jelasnya.

Sebelumnya, politikus Partai Gerindra yang juga Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno mengaku siap maju dalam Pilpres 2024 apabila diusung oleh partai politk. Hal itu dikatakan Sandi usai bersilaturahmi dengan jajaran pengurus DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Yogyakarta.

"Siap," ucap Sandi.

Selain itu, nama Sandi juga muncul sebagai kandidat capres berdasarkan hasil Musyawarah Rakyat (Musra) I relawan Jokowi di Bandung. Nama Sandi berada di urutan kedua teratas setelah Joko Widodo. Lalu di urutan ketiga bertandang nama Ganjar Pranowo dan keempat Prabowo Subianto.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight