Mudik Natal: Tol Jakarta-Cikampek Macet, Contraflow Diberlakukan

Oleh: Maya Saputri - 21 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pada puncak arus mudik Natal 2019, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek diberlakukan contraflow, untuk mengatasi kemacetan, Sabtu (21/12/2019).
tirto.id - PT Jasa Marga TBK menerapkan sistem lalu lintas melawan arus (contraflow) pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek, untuk mengatasi kemacetan di beberapa titik.

"Sistem 'contraflow' diterapkan atas diskresi kepolisian pada kilometer 47 sampai kilometer 53 arah Cikampek sejak pukul 08.20 WIB," demikian disampaikan Corporate Communications & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) TBK, Dwimawan Heru, di Jakarta, Sabtu (21/12/2019).

Dengan diterapkannya sistem itu, diharapkan kepadatan yang terjadi pada titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated II dan jalan tol Japek kilometer 48 dan menjelang tempat istirahat di kilometer 50 dapat mencair.

Jasa Marga telah menyiagakan para petugas dan menyiapkan rambu-rambu yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan contraflow.

"Kami imbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," kata Heru.

Arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dilaporkan padat di berbagai titik pada Sabtu dini hari atau empat hari menjelang perayaan Hari Raya Natal.

"Kepadatan terjadi di ruas Karawang KM 41-50 dan di 'Rest Area' KM 57," kata Muhammad Feri, petugas "call centre" PT Jasa Marga (Persero) Tbk Tol Japek, kepada ANTARA yang menghubunginya dari Jakarta, Sabtu (21/12/2019) dini hari.

Kepadatan kendaraan mulai terlihat sejak Jumat (20/12/2019) malam dan semakin meningkat di jalur cepat ruas tol sepanjang 73 kilometer yang menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, Cikampek, dan kota-kota utama lain di Provinsi Jawa Barat itu.

Menurut Feri, kepadatan kendaraan yang melaju ke arah Cikampek itu mungkin disebabkan oleh banyaknya warga masyarakat yang memanfaatkan akhir pekan untuk mudik ke kampung halaman menyambut libur Natal dan sekolah.

Sebelumnya, petugas tol melaporkan kepadatan arus lalu lintas itu juga terjadi sebagai dampak dari kecelakaan beruntun yang melibatkan lima mobil di KM 52+200 Karawang Timur arah Cikampek pada Jumat malam namun penanganan kecelakaan sudah selesai pukul 00.03 WIB. "Arus lalu lintas di lokasi sudah kembali lancar," katanya.


Baca juga artikel terkait LIBUR NATAL 2019 atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Maya Saputri
Editor: Fahri Salam
DarkLight