Tes Pramusim MotoGP Mandalika

MotoGP Mandalika, Marshal Direkrut dari Brimob hingga Karang Taruna

Penulis: - 7 Feb 2022 19:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
MGPA menyebutkan 338 marshal lokal akan ditugaskan mengawal tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, NTB pada 11-13 Februari 2022.
tirto.id - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan 338 marshal lokal akan ditugaskan mengawal tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB pada 11-13 Februari atau akhir pekan ini.

Saat ini para marshal yang terdiri atas warga setempat itu sedang mengikuti tes pelatihan intensif yang disiapkan oleh PT Pengembang Pariwisata Indonesia (Persero) ITDC, MGPA dengan melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai instruktur pelatihan.

"Pemenuhan marshal berkualitas merupakan hal yang krusial dalam penyelenggaraan sebuah event balap. Oleh karena itu, di bawah koordinasi IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan marshal yang kami rekrut," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam keterangan resmi, Senin (7/2/2022).

Para marshal itu terdiri atas 198 orang marshal yang bertugas di ajang World Superbike 2021 di Mandalika, 69 marshal rekrutan baru, 51 anggota Brimob, dan 20 personel Badan SAR Nasional.

Marshal lokal yang direkrut berasal dari masyarakat Lombok khususnya warga yang tinggal di sekitar sirkuit.

Proses perekrutan warga lokal tersebut melibatkan komunitas otomotif NTB dan Karang Taruna Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Sedangkan anggota Brimob dan Basarnas direkrut untuk bertugas sebagai radioman.

"Marshal-marshal lokal yang kami rekrut dan kami latih ini sifatnya adalah volunteer. Kami ingin menumbuhkan jiwa memiliki dan bangga pada wilayah mereka sendiri. Sehingga mereka memiliki andil yang besar dalam jalannya sebuah perhelatan balap," kata Priandhi.

Pada 5 Februari para marshal telah melakukan pelatihan dalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan praktik di lapanan dan pembagian pos pada hari berikutnya.

Setelah itu pada 10 Februari, mereka akan menjalani simulasi balap MotoGP. Khusus untuk marshal baru dari Brimob dan Karang Taruna akan mendapatkan porsi pelatihan tambahan pada 7 Februari 2022.

Salah seorang marshal Ki Agus mengikuti perekrutan dan pelatihan tersebut karena ia hobi dengan otomotif. "Di samping punya hobi pada bidang otomotif, saya ingin membanggakan nama Lombok Tengah dengan menjadi volunteer marshal di Pertamina Mandalika Circuit," kata dia.

Seluruh marshal tersebut disiapkan bukan hanya untuk tes pramusim MotoGP saja namun juga untuk Grand Prix Indonesia di Mandalika pada Maret mendatang.

ITDC Group telah membuka perekrutan marshal baru sebanyak 100 orang sehingga akan ada lebih dari 400 marshal yang bertugas saat balap MotoGP nanti.


Baca juga artikel terkait MOTOGP MANDALIKA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri

DarkLight