Mondok, Film Tentang Pendidikan di Pesantren Tayang di TVRI

Oleh: Sirojul Khafid - 13 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Mondok yang bercerita tentang pendidikan di pondok pesantren akan tayang di TVRI malam ini.
tirto.id - Mondok, film tentang seorang anak yang menjalani pendidikan di pesantren, akan tayang di stasiun televisi TVRI hari ini, Rabu (13/5/2020) pukul 21.30 WIB. Jam tayang film ini bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan stasiun televisi.

Penonton akan mengikuti kisah Reyhan, seorang anak yang nakal. Di sekolah, dia seringkali bertengkar. Tidak hanya sendiri, Reyhan juga memprovokasi teman-temannya untuk ikut berkelahi. Selain berkelahi, Reyhan juga tidak jarang merundung para guru.

Dianggap menjadi contoh buruk bagi teman-temannya, pihak sekolah membuat keputusan yang tegas yaitu mengeluarkan Reyhan dari sekolah.

Tentu saja orang tua Reyhan bingung bercampur sedih anaknya dikeluarkan dari sekolah. Kini mereka mencari sekolah lain untuk Reyhan bisa belajar kembali. Sayangnya, tidak ada sekolah yang mau menerima Reyhan.

Sejak keluar dari sekolah, Reyhan hanya beraktivitas di rumah. Melihat hal itu, orang tua Reyhan membujuk anaknya untuk belajar di pondok pesantren. Tentu saja Reyhan menolak keras usulan itu. Namun kini tidak ada pilihan lain. Reyhan menerima usulan orang tuanya dengan satu syarat, dia ingin belajar di pesantren yang ada pelajaran musiknya.

Dimulailah pencarian pesantren. Setelah mencari di berbagai tempat, mereka menemukan satu pesantren asuhan kiai Ahmad Dhani. Dia merupakan kiai nyentrik yang jago bermain gitar.

Kehidupan Reyhan sebagai santri dimulai. Sayangnya semua hal tidak sesuai bayangan Reyhan sebelumnya. Kini dia harus mengaji setiap hari. Belum lagi Reyhan harus melakukan semua sendiri, termasuk mencuci baju. Dia belum pernah melakukan hal itu sebelumnya.

Kini tinggal keputusan Reyhan, apakah akan bertahan dan berjuang dalam kehidupan di pesantren, atau menyerah dengan keadaan. Pesantren juga punya andil dalam membimbing Reyhan yang terkenal nakal. Bisakah pihak pesantren melakukan itu?

Mondok merupakan film arahan sutradara Dedi Setiadi. Film ini berada dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight