Mobil Baru Trump Demi Gengsi, Mobil Baru Putin Buat Barang Dagangan

Oleh: Yudistira Perdana Imandiar - 29 September 2018
Dibaca Normal 2 menit
Donald Trump dan Vladimir Putin menggunakan mobil kepresidenan terbaru yang punya karakter mirip, tapi mobil Putin bisa dijual bebas ke pasar.
tirto.id - Parade mobil kepresidenan Donald Trump melintas di Kota New York, Amerika Serikat (AS) menuju lokasi penyelenggaraan Sidang Umum PBB, Selasa (25/9/2018). Dalam iring-iringan itu, Donald Trump menggunakan mobil kepresidenan Cadillac Beast model terbaru.

Mobil tersebut akan segera menggantikan Cadillac Beast versi lama yang sudah digunakan sejak kepemimpinan Barack Obama. Cadillac Beast 2018 memiliki desain bodi lebih luwes, sedikit menyamarkan nuansa boxi dari model lama. Terpasang grill depan besar yang menjadi identitas baru Cadillac, seperti yang diperkenalkan lewat mobil konsep Cadillac Escala pada 2016 lalu.

Mencuplik Car and Driver, Cadillac Beast bukan sekadar limosin yang bertabur kemewahan dan fitur adiluhung. Mobil itu dibangun dari konstruksi sasis truk GMC Topkick dan bodinya diperkuat lapisan baja. Sehingga membuat bobot mobil ini mencapai 7 ton.

“Kendaraan ini, Cadillac 2018, melanjutkan upaya Secret Service untuk memberikan inovasi teknologi dan performa dalam usaha pengamanan,” ujar juru bicara Street Service AS Jeffrey Adams kepada Free Press.

Pengembangan mobil itu dimulai sejak 2014. General Motors (GM) lagi-lagi memenangkan tender dan ditunjuk untuk menggarap proyek mobil kepresidenan Negeri Paman Sam ini, seperti yang sudah mereka lakukan sejak 1980. Seperti dilansir Free Press, GM akan memproduksi 12 Cadillac Beast untuk mobil kepresidenan dengan biaya 15,8 juta dolar AS.


Detail spesifikasi dari Cadillac Beast terbaru masih disimpan rapat oleh Secret Service maupun GM. Namun, dipastikan mobil baru Trump itu memiliki kualitas pengamanan yang sama atau bahkan lebih baik dari Cadillac Beast peninggalan Obama.

Mencuplik Business Insider, Cadillac Beast dibentengi bodi berlapis baja yang mampu menahan serangan peluru atau bom sekalipun. Kabin mobil terisolasi dari atmosfer lingkungan luar, demi menghindari risiko serangan biokimia kepada presiden. Hanya kaca bagian sopir yang dapat dibuka, itupun hanya dalam rentang 7 cm ke bawah.

Pintu baja di mobil tersebut disebut-sebut memiliki bobot yang sama dengan pintu pesawat Boeing 757. Teknologi run flat tyre yang memungkinkan mobil tetap melaju saat ban gembos tidak luput dipasang di Cadillac Beast. Tangki bahan bakar dilapisi busa khusus, berfungsi mencegah ledakan jika tangki ditembak atau terkena percikan api.

Laporan News Week menyebut, Cadillac Beast terbaru yang akan mengantar Presiden Trump dibekali perangkat medis, seperti tabung oksigen dan kantong darah sesuai golongan darah presiden. Ada pula lemari pendingin untuk menyimpan makanan dan minuman kegemaran kepala negara.


Di dalam mobil itu tertanam telepon satelit yang menghubungkan presiden dengan wakil presiden dan gedung Pentagon. Teknologi andalan lainnya yang terpasang di Cadillac Beast, yakni night-vision camera yang diletakkan di bagian depan mobil. Kamera tersebut dapat menangkap situasi jalanan dalam kondisi sangat minim cahaya. Teknologi ini dipasang untuk mengantisipasi jika terjadi huru-hara atau bencana yang mengakibatkan pandangan sopir terhalang.

Mobil Baru Vladimir Putin

Beberapa bulan sebelum Trump memperlihatkan mobil barunya, Presiden Rusia Vladimir Putin juga memperlihatkan tunggangan barunya. Saat menyambut kunjungan Pangeran Abu Dhabi Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Moskow, Putin dengan bangga menunjukkan penampakan interior mobil baru kepresidenan, bernama Aurus Senat Kortezh kepada publik dan awak media.


Mobil lokal Rusia yang kerap digadang-gadang sebagai pesaing dari Rolls-Royce ini disiapkan untuk mengakomodir keamanan dan kenyamanan Putin dan tamu negara. “(Mobil) ini sangat nyaman,” komentar Pangeran Abu Dhabi yang akrab disapa MbZ saat menjajal kursi penumpang Senat Aurus Kortezh dikutip Russia Today.

Kehadiran Senat Aurus mencetak sejarah baru untuk Rusia. Limosin tersebut menjadi kendaraan kepresidenan pertama yang dibuat oleh insinyur dalam negeri setelah masa Uni-Soviet berakhir. Mobil ini pun menjadi simbol kemajuan ekonomi Rusia dan tentu bernilai penting untuk karier politik Putin.

Pengembangan mobil tersebut melibatkan para ahli mesin dari NAMI—lembaga riset mesin dan teknologi kendaraan di Rusia. Seperti halnya mobil presiden AS, Aurus Senat juga dibentengi bodi berlapis baja yang mampu meredam peluru dan bom.

Sumber tenaga Aurus Senat berasal dari mesin bensin V8 4.400cc hybrid, yang mampu melepas tenaga dorong 590 dk. Transmisi 9-percepatan dipasang untuk mendistribusikan tenaga dari mesin. Aurus menggandeng perusahaan otomotif Jerman, Porsche, untuk memasok mesin mobil Putin.


Infografik Mobil baru trump dan putin


Ruang penumpang di mobil dirancang untuk memberikan kenyamanan paripurna buat presiden. Terdapat kulkas, gelas kristal, dan meja lipat berlapis kulit untuk jamuan presiden. Kursi belakang bisa ditekuk sampai membentuk sudut 45 derajat, agar Putin atau siapapun presiden Rusia bisa rehat sepanjang perjalanan. Perangkat komunikasi privat tersedia di kursi penumpang.

Namun, tidak seperti Cadillac Beast yang dibuat eksklusif untuk presiden, Aurus Senat bakal dijual bebas di pasar umum. Mengutip Reuters, 120 unit Aurus Senat versi sipil mulai dipasarkan tahun depan. Sebagai catatan, Senat versi sipil tidak dilengkapi bodi lapis baja dan kelengkapan standar pengamanan mobil presiden.

Aurus Senat disodorkan kepada kaum konglomerat di Rusia, agar tidak lagi ketergantungan pada mobil mewah impor. Mobil lokal Rusia ini tidak kalah pamor dengan Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard, Rolls-Royce Phantom, dan Chrysler 300.

“Ada orang-orang yang berminat pada produk (mobil) berkualitas tinggi buatan dalam negeri, khususnya di kelas itu (mobil mewah),” ujar kepala tim desainer Aurus Senat Vadim Pereverzep kepada AFP, dikutip Hindustan Times.

Aurus Senat pun akan dikapalkan ke luar Rusia. “Kami tidak hanya akan menjual mobil ini di Rusia, kami akan menjualnya ke luar negeri,“ sebut CEO Aurus Franz Gerhard dikutip Business Insider.

Baca juga artikel terkait MOBIL PRESIDEN atau tulisan menarik lainnya Yudistira Perdana Imandiar
(tirto.id - Otomotif)


Penulis: Yudistira Perdana Imandiar
Editor: Suhendra