Microsoft Gandeng Sony Kembangkan Platform Hiburan Berbasis Cloud

Oleh: Adrian Samudro - 18 Mei 2019
Microsoft dan Sony bersepakat untuk membuat inovasi dalam pengembangan layanan game dan streaming konten, xCloud dan Playstation Now.
tirto.id - Microsoft Corp (Microsoft) dan Sony Corporation (Sony) telah mengumumkan akan bekerja sama dalam inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna di platform hiburan, pada hari Kamis (16/5/2019) waktu setempat.

Dilansir laman Microsoft, kedua perusahaan bersepakat untuk membuat inovasi dalam pengembangan layanan game dan streaming konten, xCloud dan Playstation Now.

Selain itu, mereka juga akan menggunakan pusat data Microsoft Azure untuk layanan streaming Sony, serta membangun platform pengembang yang lebih baik untuk para pembuat konten.

Sony dan Microsoft mengatakan mereka juga akan berkolaborasi pada peralatan dan kecerdasan buatan, termasuk sensor gambar Sony yang nantinya akan dikombinasikan dengan teknologi Azure AI Microsoft.

Upaya integrasi secara hybrid di cloud dan edge tersebut, serta pemanfaatan alat Sony dan teknologi cloud Microsoft ini bertujuan untuk memberikan kapabilitas yang ditingkatkan bagi para penggunanya seperti pengalaman AI yang sangat intuitif dan ramah pengguna.

“Sony adalah perusahaan hiburan kreatif teknologi yang hebat. Kami bekerja sama dengan banyak pembuat konten yang menangkap imajinasi orang – orang di seluruh dunia, dan melalui teknologi mutakhir kami, kami menyediakan alat untuk mewujudkan impian dan hayalan mereka menjadi kenyataan,” kata presiden dan CEO Sony, Kenichiro Yoshida, yang dikutip dari Variety.

“Selama bertahun-tahun, Microsoft telah menjadi mitra bisnis utama bagi kami, meskipun tentu saja kedua perusahaan juga telah bersaing di beberapa bidang. Saya percaya bahwa pengembangan bersama dalam cloud kami di masa depan akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan konten interaktif,” katanya lagi.

“Sony selalu menjadi yang terdepan dalam hiburan dan teknologi, dan kolaborasi yang kami umumkan hari ini dibangun di atas sejarah inovasi ini. Kemitraan kami menghadirkan kekuatan Azure dan Azure AI ke Sony untuk menghadirkan pengalaman gaming dan hiburan baru bagi pelanggan."" kata CEO Microsoft, Satya Nadella.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yulaika Ramadhani