Michael Sianipar Eks Anak Buah Ahok Mundur dari PSI

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 5 Des 2022 18:04 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jabatan Ketua DPW PSI DKI Jakarta yang ditinggalkan Michael Victor Sianipar akan diisi Grace Natalie untuk sementara.
tirto.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie akan mengisi jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PSI DKI Jakarta. Grace Natalie menggantikan Michael Victor Sianipar yang mundur dari jabatan dan keanggotaannya di PSI pada hari ini, Senin (5/12/2022).

"Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI) telah menerima surat pengunduran diri Michael Sianipar dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jakarta per hari ini, Senin 5 Desember 2022," kata Sekretaris Jenderal DPP PSI Dea Tunggaesti dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Dea mengapresiasi pengunduran diri Michael Sianipar dari posisinya. Dia menyebut Michael memiliki banyak kontribusi dalam keberlangsungan PSI di Jakarta.


"Terkait surat itu, DPP PSI menyatakan menerima pengunduran dirinya sekaligus mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kontribusi Bro Mike selama memimpin PSI Jakarta," terangnya.

Menurut Dea, keluarnya Michael merupakan hal biasa di dalam PSI. Sehingga menurutnya bukan menjadi hal sentimentil di internal bila melepas seseorang walau jabatan yang diemban cukup strategis.

"Dalam politik atau di organisasi manapun, orang bisa datang dan pergi. PSI sampai saat ini konsisten melawan korupsi, melawan intoleransi, dan menolak mendukung kekuatan politik atau kandidat yang menggunakan politik identitas untuk meraih kekuasaan," terangnya.

Dalam keterangan terpisah, Michael Sianipar mengumumkan pengunduran dirinya dari PSI, namun tidak menyebut secara jelas alasannya keluar dari partai yang telah diikuti sejak 2015.

Michael hanya menyebut sudah ada banyak perubahan yang menurutnya membuat PSI berbeda dengan yang dilihat dulu saat awal berdiri dan saat awal dia masuk.

"Namun, seiring berjalannya waktu, partai yang saya bayangkan dan cita-citakan, yang saya ketahui di awal, sudah jauh berubah sekarang. Sudah saatnya saya pamit dan undur diri dari PSI,” jelasnya.

Michael adalah ketua PSI di provinsi Jakarta sejak 2017. Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu pernah juga menjabat Ketua PSI Jakarta Pusat pada 2015-2017 dan pengurus DPP PSI pada 2021-2022.




Baca juga artikel terkait PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight