Mengurai Isu "Kakak Asuh Ferdy Sambo" & Sekilas Kariernya di Polisi

Penulis: Alexander Haryanto, tirto.id - 22 Sep 2022 13:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Benarkah Ferdy Sambo punya kakak asuh yang bikin kariernya cemerlang? Siapa sosoknya?
tirto.id - Spekulasi tentang mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo seolah tidak ada habisnya. Dalam berita terbaru, muncul dugaan kalau selama ini Sambo punya "kakak asuh" yang punya andil dalam karier dan kasusnya. Benarkah demikian?

Seperti diberitakan Tempo, isu tentang kakak asuh Sambo itu diembuskan oleh mantan Penasihat Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Mudari, yang merupakan Guru Besar Politik Universitas Padjadjaran.

Muradi bilang, kakak asuh itu sudah pensiun dari kepolisian, tetapi dia yang memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Sambo sehingga kariernya bisa moncer, bahkan menyalip pangkat seniornya.

Muradi pun berspekulasi, sosok kakak asuh itu punya pengaruh besar sehingga bikin kasus Sambo sulit dibongkar karena mendapat tekanan.

Kendati demikian, Muradi tidak merinci identitas orang yang diduga sebagai kakak asuh Sambo tersebut.


Merunut Karier Ferdy Sambo di Kepolisian

Ferdy Sambo adalah jenderal polisi lulusan Akpol 1994 yang punya karier paling cemerlang. Di usianya yang ke-47 tahun, Sambo sudah menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua.

Di Korps Bhayangkara, Sambo punya pengalaman di bidang reserse dan menempati berbagai posisi strategis. Dia pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim di Polres Jakarta Barat. Kariernya semakin naik menjadi Kapolres Purbalingga dan Kapolres Brebes.

REKONSTRUKSI PEMBUNUHAN BRIGADIR J
Tersangka Irjen Ferdy Sambo (kiri) bersama Istrinya tersangka Putri Candrawathi (kanan) keluar dari rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J di Jalan Duren Tiga Barat, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/YU


Sambo bahkan melampaui karier Khrisna Murti Akpol 1991. Dia adalah senior sekaligus mantan atasan Sambo ketika berdinas di lingkungan Polda Metro Jaya sekitar tahun 2015. Waktu itu, Khrisna Murti menjabat sebagai Kepala Dirreskrimum Polda Metro Jaya, sedangkan Sambo adalah wakil Dirreskrimum.

Waktu itu, Sambo masih berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Sedangkan Khisna sudah berpangkat Kombes. Selang lima tahun kemudian, Sambo justru menyalip Khrisna.

Sambo naik menjadi bintang dua ketika ditunjuk mantan Kapolri Idham Azis menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. Jabatan ini mengalami kekosongan setelah Irjen Ignatius Sigit Widiatmono meninggal dunia pada Oktober 2020.

Sedangkan Khrisna masih berpangkat Brigjen atau jenderal bintang satu. Sekarang dia menjabat sebagai Karomisinter Divhubinter Polri.

Di kepolisian, jabatan Kadiv Propam disebut punya pengaruh besar dan sangat mentereng. Setidaknya, ada beberapa Kapolri yang pernah memegang jabatan Kadiv Propam.

Sebut saja Kapolri Listyo Sigit Prabowo. Dia pernah menjadi Kadiv Propam sebelum menjabat Kabareskrim Polri. Bukan cuma Listyo jenderal lain yang pernah menduduki posisi Kadiv Propam adalah mantan Kapolri Idham Azis dan Budi Gunawan.

Budi sempat menjadi calon tunggal Kapolri, tapi gagal karena tersandung kasus. Kini, dia menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).


Baca juga artikel terkait FERDY SAMBO atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight