Mengenang Helmy Sungkar Sosok Berpengaruh di Dunia Otomotif

Oleh: Desika Pemita - 24 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Helmy Sungkar meninggal dunia pada 24 November 2020 pagi. Ayah Rifat Sungkar itu kurang lebih tiga tahun berjuang melawan penyakit diabetes dan stroke.
tirto.id - Helmy Sungkar, ayah pembalap Rifat Sungkar, meninggal dunia pada usia 80 tahun, Selasa (24/11/2020), pukul 06.10 pagi. Pegiat otomotif di Tanah Air ini mengembuskan napas terakhir setelah berjuang melawan penyakit diabetes dan stroke.

Penyakit tersebut telah dideritanya selama kurang lebih tiga tahun. Kabar meninggalnya Helmy Sungkar dikabarkan oleh sang anak melalui akun Instagram miliknya.

Innalillahi wainaillaihi rojiun. Telah berpulang Helmy Sungar Alurmei, Selasa 24 November 2020 pukul 06.10 WIB. Mohon doa dari jauh untuk mengiringi kepergian,” unggahan Rifat di akun Instagram pribadinya @rifato.

Helmy Sungkar memulai kariernya sebagai pembalap di turnamen kecil. Selama 40 tahun bergelut di dunia otomotif, nama Helmy Sungkar pun berkibar di Tanah Air. Dia juga dikenal sebagai salah satu sosok kunci berbagai event balap.

Helmy Sungkar ingin meneruskan rasa cintanya terhadap balap kepada orang lain. Dia ingin masyarakat bisa ikut menikmati keriuhan dunia balap lewat berbagai event. Akhirnya, dia pun mendirikan event organizer balap Trendypromo Mandira.

Berbagai event balap telah berhasil digelar oleh Helmy Sungkar, mulai dari road race, drag race, drag bike, motocross, dan berbagai macam olahraga otomotif lainnya.

Helmy Sungkar dikenal ramah oleh para wartawan. Dia dipanggil dengan sebutan Bang Helmy.

Masih terlintas jelas di pikiran rekan-rekan media, setiap Helmy Sungkar membuat event balap, dia selalu hadir. Dia memeriksa langsung kondisi lapangan hingga kelengkapan balapan.

Dia juga selalu menjawab pertanyaan wartawan dengan lengkap dan informatif.

Namun, Helmy Sungkar tak lagi aktif di dunia balap atau promotor event sejak dinyatakan sakit. Pada 2014 silam, Helmy resmi mengundurkan diri dari dunia otomotif karena berjuang dengan penyakitnya.

Sebelum meninggal dunia, Helmy Sungkar tetap terlihat bersemangat meski duduk di kursi roda. Dalam unggahan foto di akun Instagram Rifat Sungkar, Helmy tersenyum lebar di samping mobil klasik.

Kecintaannya terhadap dunia balap itu juga diturunkan kepada anaknya, Rifat Sungkar. Sang anak bahkan berhasil menorehkan namanya di berbagai kejuaraan ternama, termasuk Asia Pacific Rally Championship (APRC) dan World Rally Championship (WRC).


Keluarga Sudah Menerima

Helmy Sungkar mempersunting pembalap nasional Ria Gondokusumo. Dari pernikahannya, Helmy Sungkar meninggalkan tiga anak dan tujuh cucu. Keluarga sudah menerima kepergiannya.

Dalam video yang diunggah di Instagram Stories Rizal Sungkar, Rifat Sungkar, mengungkapkan, ayahnya kini telah tenang, dan tak menderita penyakit lagi.

"Sepertinya ini adalah yang terbaik. Penyakit Papa juga sudah berat. Semoga ini jalan terbaik. Papa dibukakan pintu surga. Dan semua yang diperjuangkan papa, bisa kami teruskan" kata Rifat.

Rifat juga meminta maaf apabila Helmy Sungkar memiliki kesalahan. Dia juga meminta pengertian publik yang tak bisa melayat. Kondisi saat ini, prosesi penguburan hanya dilakukan oleh keluarga.


Baca juga artikel terkait HELMY SUNGKAR atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Ibnu Azis
DarkLight