Rifat Sungkar Raih Podium Ketiga Kejuaraan IXOR 2016

Oleh: Yuliana Ratnasari - 8 Agustus 2016
Dibaca Normal 1 menit
Rifat Sungkar, pebalap Pertamax Motorsport Speed Offroad Team sukses meraih juara ketiga dalam ajang Indonesia eXtreme Offroad Racing 2016 setelah melalui duel ketat dengan H. Atuy Faturahman dan Indra Artanto.
tirto.id - Pebalap Pertamax Motorsport Speed Offroad Team, Rifat Sungkar berhasil meraih podium ketiga kejuaraan umum pada ajang Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2016 putaran kedua di sirkuit Paramount Serpong.

Berdasarkan informasi yang diterima di Jakarta, Senin (8/8/2016), Rifat memiliki total catatan waktu 5 menit 49,905 detik setelah melalui duel ketat dengan H. Atuy Faturahman/Indra Artanto.

Pada putaran kedua, Rifat bersama navigator Muhammad Redwan kali ini harus berduel dengan H. Atuy Faturahman/Indra Artanto. Pada catatan waktu ketiga atau SS3, perolehan waktu para pebalap di Grup 5 sangat ketat, selisih waktu Rifat dengan H. Atuy hanya sekitar 0,120 detik.

Duel dimenangkan H. Atuy dengan catatan waktu 2 menit 51,466 detik, sedangkan Rifat mencatatkan 2 menit 51,586 detik. Dengan perolehan waktu tersebut, Rifat berhasil mengamankan posisi keempatnya di Grup G5 dan posisi ketiga kelas G5.4

Rifat Sungkar yang mengendarai Mitsubishi Pajero Sport kembali menyelesaikan SS4 dengan duelnya bersama H. Atuy. Namun, ia harus kembali mengakui keunggulan H. Atuy. Meski catatan waktunya tertinggal sekitar 4 detik, posisi Rifat tidak berubah dan berhak melaju ke babak best overall.

Di babak kejuaraan umum, Rifat/Redwan bersama 17 pebalap lainnya mengikuti 2 SS tambahan yang digelar untuk memperebutkan Best overall. Pada babak ini, Rifat harus kembali berhadapan dengan H. Atuy melakukan perlawanan yang cukup ketat.

"Saya cukup puas dengan hasil yang diperoleh hari ini. Kami berharap pada putaran mendatang, kami bisa memperoleh setting-an yang tepat untuk karakter lintasan yang high speed seperti di sirkuit Paramount Serpong dan semoga dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi," tutur Rifat Sungkar.

Sementara itu, pebalap Pertamax Motorsport Speed Offroad lainnya, Yedidiah S dengan navigator Reza yang turun di kelas G1.2 setelah di hari pertama menempati posisi keempat, pada hari kedua berhasil tampil konsisten dan terus memperbaiki catatan waktunya.

Dengan total catatan waktu 12 menit 33,477 detik, Yedi berhasil menempati posisi kedua di kelas G1.2 dan posisi kedua grup G1.

“Kami mencoba mengganti ban, dan ternyata hasilnya kami dapat mempertajam catatan waktu lebih baik dari hari pertama,” kata Yedi.

Selanjutnya, Pertamax Motorsport Speed Offroad Team akan mempersiapkan diri untuk mengikuti putaran ketiga ajang Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 2016 yang rencananya akan dilangsungkan pada pertengahan September mendatang.

Baca juga artikel terkait BALAPAN atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Otomotif)

Sumber: Antara
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari