Mengenal Teks Editorial dan Strukturnya dalam Bahasa Indonesia

Oleh: Endah Murniaseh - 24 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Teks editorial adalah opini yang dituliskan redaksi media terhadap isu aktual di masyarakat.
tirto.id - Teks editorial adalah artikel di surat kabar yang berisikan pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa aktual atau tengah menjadi perbincangan hangat pada saat surat kabar tersebut diterbitkan.

Isu atau masalah aktual tersebut dapat berupa masalah politik, sosial, atau pun permasalahan ekonomi yang berkaitan dengan politik.

Mengutip e-Modul Bahasa Indonesia Kelas XII, teks editorial merupakan sebuah opini atau pendapat yang dituliskan redaksi sebuah media terhadap isu aktual di masyarakat. Opini yang ditulis redaksi dianggap sebagai pandangan resmi suatu penerbit atau media terhadap suatu isu aktual.

Berikut adalah contoh opini dalam teks editorial:

  • Kritik
Contoh: Kenaikan tarif dasar listrik tidaklah logis.

  • Penilaian
Contoh: Pemerintah tidak memperhatikan masyarakat bawah yang berpenghasilan terbatas, apalagi untuk membayar beban listrik yang mereka gunakan.

  • Prediksi
Contoh: Jika biaya tarif dasar listrik naik, maka akan disusul kenaikan harga maupun biaya operasional di segala bidang.

  • Harapan
Contoh: Sebaiknya pemerintah mempertimbangkan kembali rencana kebijakan kenaikan tarif dasar listrik tersebut.

  • Saran
Contoh: Jika memang kenaikan tersebut urgent dilakukan, alangkah bijaksananya jika pemerintah juga dengan pemberian subsidi kepada masyarakat menengah ke bawah di sektor yang lain, misalnya bidang kesehatan.

Ciri-Ciri Teks Editorial

Meskipun teks editorial merupakan ataupun opini, namun dalam penulisannya tidak dapat ditulis sembarangan. Penulisan pendapat atau opini harus dilengkapi dengan fakta, bukti, serta argumen yang logis.

Berikut adalah ciri teks editorial :

  • Topik tulisan teks editorial selalu hangat (sedang berkembang dan dibicarakan secara luas oleh masyarakat), bersifat aktual dan faktual.
  • Bersifat sistematis dan logis.
  • Merupakan sebuah opini atau pendapat yang bersifat argumentatif.
  • Menarik untuk dibaca. Hal ini karena ditulis dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.
Jenis Teks Editorial

  • Interpretative Editorial
Merupakan teks editorial yang bertujuan menjelaskan isu dengan menyajikan fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan.

  • Controversial Editorial
Merupakan teks editorial yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca pada keinginan atau menumbuhkan kepercayaan pembaca terhadap suatu isu. Pada editorial ini biasanya pendapat yang berlawanan akan digambarkan lebih buruk.

  • Explanatory Editorial
Merupakan teks editorial yang menyajikan masalah atau suatu isu agar dinilai oleh pembaca. Teks editorial jenis ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi suatu masalah dan membuka mata masyarakat untuk memperhatikan suatu isu.

Struktur Teks Editorial

Dilansir dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia kelas 12, teks editorial merupakan bagian dari teks eksposisi. Sehingga struktur umum dari teks editorial terdiri dari tiga bagian, di antaranya:

  • Pengenalan isu atau tesis
Bagian ini memiliki fungsi untuk mengenalkan isu atau permasalahan yang akan dibahas dalam bagian berikutnya. Pengenalan isu disajikan peristiwa persoalan aktual, fenomenal, dan kontoversial.

Pernyataan pendapat atau tesis yang berisi sudut pandang penulis tentang masalah yang dibahas. Tesis merupakan teori yang diperkuat dengan argumen.

  • Penyampaian pendapat atau argumen
Merupakan bagian pembahasan yang berisikan tanggapan redaksi terhadap isu yang telah diperkenalkan sebelumnya.

Argumentasi berupa alasan ataupun bukti yang digunakan untuk memperkuat pernyataan umum atau data hasil penelitian, pernyataan para ahli, ataupun fakta berdasarkan referensi yang dapat dipercaya.

  • Penegasan
Penegasan dalam teks editorial berupa simpulan, saran atau rekomendasi. Pada bagian ini juga terselip harapan redaksi kepada pihak yang terlibat dalam menghadapi atau mengatasi persoalan yang terjadi dalam isu tersebut.

Pernyataan atau penegasan ulang pendapat berisi penegasan ulang pendapat yang didukung oleh fakta untuk memperkuat atau menegaskan keseluruhan isi teks editorial.


Baca juga artikel terkait TEKS EDITORIAL atau tulisan menarik lainnya Endah Murniaseh
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Endah Murniaseh
Penulis: Endah Murniaseh
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight