Pendidikan Geografi

Mengenal Pengertian Laut & Samudra Serta Apa Perbedaan Keduanya

Penulis: Maria Ulfa - 14 Mei 2022 10:27 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini adalah penjelasan tentang apa pengertian laut dan samudra serta apa perbedaan keduanya!
tirto.id - Wilayah Indonesia memiliki perairan yang sangat luas, melebihi luas daratan, meliputi 2/3 dari luas negara Indonesia, yaitu 3.257.483 km persegi.

Wilayah perairan di Indonesia terdiri atas perairan darat berupa sungai, danau, waduk, dan rawa, serta perairan laut, teluk, selat, hingga samudra.

Sementara lokasi Indonesia yang berada di khatulistiwa membuat Indonesia menerima sinar matahari yang banyak, yang mendukung tumbuhnya plankton. Ini membuat lautan Indonesia kaya akan keangekaragaman hayati.

Lantas, apa pengertian laut dan samudra serta apa perbedaan keduanya?

Pengertian Laut


Laut adalah kumpulan air asin (dalam jumlah banyak dan luas) yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau-pulau.

Indonesia sekitar dua pertiganya merupakan lautan, namun kondisinya kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga.

Untuk landas kontinen negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter.

Batas laut teritorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi ekslusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut.

Indonesia merupakan negara kepulauan, yang memiliki laut sangat luas. Adapun, laut di Indonesia dapat dikategorikan sebagai berikut, seperti Mengutip modul Geografi SMA Kelas XI (2020):

  1. Laut Transgresi (laut yang meluas), terjadi karena adanya perubahan permukaan laut secara positif (secara meluas). Contoh laut jenis ini adalah laut Jawa, laut Arafuru dan laut Utara.
  2. Laut Ingresi, adalah laut yang terjadi karena adanya penurunan tanah di dasar laut. Lubuk laut atau basin adalah penurunan di dasar laut yang berbentuk bulat. Contohnya lubuk Sulu, lubuk Sulawesi, lubuk Banda dan lubuk Karibia. Sedangkan Palung Laut atau trog adalah penurunan di dasar laut yang bentuknya memanjang
  3. Laut Regresi, adalah laut yang menyempit. Penyempitan terjadi karena adanya pengendapan oleh batuan (pasir, lumpur dan lain-lain) yang dibawa oleh sungaisungai yang bermuara di laut tersebut banyak terjadi di pantai utara pulau Jawa.

Air laut rasanya asin karena mengandung garam. Di dalam laut terdapat banyak kehidupan membentuk ekosistem laut, antara lain tumbuhan laut, kerang dan beragam jenis ikan yang dapat diolah menjadi makanan dan obat-obatan.

Pengertian Samudra


Samudra merupakan laut yang sangat luas. Samudra berhubungan langsung dengan kedua kutub bumi, yaitu kutub utara (Arktik) dan kutub selatan (Antartika).

Samudera adalah tubuh perairan asin yang menutupi sebagian besar planet bumi. Samudra menutupi hampir 3/4 bagian bumi. Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Manfaat samudra menyebabkan iklim yang menguntungkan yaitu tidak terlalu panas pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari.

Perbedaan Laut dan Samudra


Mengutip modul SMA Kelas X (2020), perbedaan laut dan saumdra adalah, laut merupakan sekumpulan air yang sangat luas di permukaan bumi yang memisahkan atau menghubungkan suatu benua atau pulau dengan benua atau pulau lainnya.

Sedangkan, laut yang sangat luas disebut samudra. Jadi, dapat dikatakan bahwa laut merupakan bagian dari samudra.

Terdapat empat samudra yang menutupi planet Bumi, yaitu Pasifik (179,7 juta km2), Atlantik (93,4 juta km2), Hindia (74,9 juta km2), dan Arktik (13,1 juta km2).

Sementara, perairan laut merupakan massa air asin dengan kadar garam cukup tinggi (rata-rata 3,45 persen). Lautan di bumi memiliki luas kira-kira 361.000.000 km2.

Jadi lebih dari 70 persen luas permukaan bumi dengan kedalaman rata-rata 3.730 m. Kemudian, ilmu yang mempelajari laut atau lautan disebut Oceanografi.

Adapun, objek yang dipelajarinya, adalah mengenai keadaan fisik airnya, gerakannya, kedalamannya, kualitas airnya, pasang naik, pasang surut, dan lain-lain.


Baca juga artikel terkait PENGERTIAN LAUT DAN SAMUDRA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight