Mendag Tindaklanjuti Fasilitas Pembebasan Bea Masuk Ke AS Bulan Ini

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 8 November 2019
Mendag bakal mengirimkan tim ke AS dalam waktu dekat untuk merundingkan GSP.
tirto.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyebut bakal meindaklanjuti fasilias bebas bea masuk alias Generalized System of Preferences (GSP) untuk produk RI ke Amerika Serikat (AS).

Ia menyampaikan, Kemendag bakal mengirimkan tim ke AS dalam waktu dekat untuk merundingkan hal tersebut.

“Dan ini berdasarkan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS didampingi dengan Bapak Presiden, sudah disepakati dan itu akan dikirimkan tim, sebelum tahun ini. Insyaallah akan mendapatkan sesuatu dalam pogram GSP ini,” kata dia di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat (8/11/2019).

Kunjungan tersebut juga merupakan respons RI terhadap kunjungan Mendag AS Wilbur Ross beberapa hari yang lalu.

"Karena respon dari Menteri Perdagangan Amerika Serikat, Wilbur Ross yang tampak merespon positif Indonesia setelah kunjungannya kemarin," terang dia.

Tindak lanjut dari kunjungan bulan ini kata Agus harus bisa membawa kabar baik untuk para eksportir agar tak usah resah soal peninjauan kembali yang awal tahun lalu ramai diisukan oleh pemerintah AS.

“Tim Amerika ini akan berangkat bulan ini. Mereka [tim Menteri Perdagangan Amerika Serikat] sangat positif dan menginginkan cepat sebelum natal ini sebagai hadiah natal. Mudah-mudahan ini juga lancar,” jelas dia.




Baca juga artikel terkait EKSPOR atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight