Pelaksanaan Haji 2023

Menag: Jemaah Haji Hilang akan Terus Dicari Tanpa Batas Waktu

Reporter: Mochammad Fajar Nur, tirto.id - 28 Jul 2023 14:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menag Yaqut sebut jemaah haji hilang akan terus dicari tanpa batas waktu hingga otoritas Arab Saudi menyatakan tak bisa ditemukan.
tirto.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, pencarian jemaah haji hilang atas nama Idun Rohim Zen akan terus dilakukan. Jemaah haji asal kelompok terbang (kloter) 20 Embarkasi Palembang (PLM 20) ini sudah dinyatakan hilang sejak satu bulan lalu.

“Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama bagian linjam (perlindungan jemaah) yang masih ada di sana untuk terus mencari jemaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu,” kata Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto, Jumat (28/7/2023).

Yaqut menyatakan, pencarian akan terus dilakukan dengan berkerja sama dengan otoritas Arab Saudi.

“Sampai kemudian pihak otoritas Arab Saudi yang menyatakan bahwa memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditemukan, baru dihentikan,” ujar Yaqut.

Sebelumnya, terdapat delapan orang jemaah Indonesia yang dinyatakan hilang. Tujuh di antaranya sudah ditemukan.

“Tiga orang dinyatakan wafat, dan satu orang masih hilang,” tutur Yaqut.

Yaqut berharap agar Idun dapat ditemukan segera dan dalam kondisi masih hidup. “Jadi kita terus berikhtiar, berkoordinasi dengan pihak otoritas kerajaan Saudi baik dengan kepolisian, SAR mereka jadi saya minta dicari sampai ketemu," sambungnya.

“Kalaupun harus terima kenyataan misalnya dalam kondisi wafat, kita harus perlakukan dengan baik saya kira itu,” tambah Yaqut.

Selain itu, menyusul berakhirnya masa operasional haji di Makkah, secara bertahap Petugas Penyelenggara Haji Indonesia dipulangkan ke tanah air.

Berdasarkan evaluasi, kata Yaqut, para petugas haji bukan saja telah bertugas dengan baik. Lebih dari itu, mereka bahkan telah melebihi ekspektasi atau harapan yang diinginkan pemerintah.

“Saya mendapatkan banyak WA dari jemaah yang mengungkapkan terima kasih kepada petugas. Bahkan ada yang bercerita ke saya hingga menangis haru,” ujar Yaqut.


Baca juga artikel terkait HAJI 2023 atau tulisan menarik lainnya Mochammad Fajar Nur
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mochammad Fajar Nur
Penulis: Mochammad Fajar Nur
Editor: Abdul Aziz

DarkLight