Membandingkan Kane dan Lukaku Jelang Duel Belgia vs Inggris

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Duel Kane vs Lukaku dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018 bakal menentukan siapa yang lebih layak mendapat penghargaan sepatu emas
tirto.id - Pertandingan Belgia vs Inggris dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018 bakal berlangsung Sabtu (14/7/2018). Secara tidak langsung, laga ini juga menjadi panggung terakhir perebutan gelar top skor Piala Dunia 2018 antara Harry Kane dan Romelu Lukaku.

Sejauh ini, Kane dan Lukaku merupakan dua pemain paling tajam pada gelaran di Rusia. Kane berada di puncak dengan torehan enam gol, sementara Lukaku yang memiliki torehan sama dengan Cristiano Ronaldo dan Denis Cheryshev mengintai dengan empat gol.

Di luar konteks peluang kuat kedua pemain untuk meraih trofi sepatu emas, perlu dicatat bahwa Lukaku dan Kane sedang dalam tren buruk. Lukaku misalnya, pemain Manchester United itu tercatat gagal mencetak satu pun gol dalam tiga pertandingan terakhir bersama Belgia di Piala Dunia 2018.

Menurut data whoscored alam tiga laga di fase knockout, eks striker Everton itu menorehkan tujuh tembakan, dengan tiga di antaranya mengarah ke gawang. Sayangnya, tak satu pun dari tiga peluang tepat sasaran itu berujung gol.

Sementara itu, Kane mengalami situasi yang tak kalah rumit. Di babak 16 besar lawan Kolombia, Kane memang sempat mencetak satu gol. Namun, gol tersebut hanya terjadi lewat eksekusi tendangan penalti.

Di luar tendangan penalti tersebut, Kane bahkan gagal menorehkan satu pun tendangan tepat sasaran. Ia melepaskan lima tembakan, namun tak satu pun dari upaya tersebut mengarah ke gawang.


Layak Jadi Top Skor

Terlepas dari tumpulnya naluri gol kedua pemain sepanjang fase knockout, Kane maupun Lukaku sebenarnya cukup layak untuk tampil sebagai top skor pada gelaran di Rusia ini. Data whoscored menempatkan kedua pemain di posisi tiga besar sebagai penyerang dengan presentase kontribusi gol terbesar untuk timnya.

Kane berada di pos teratas. Dengan capaian enam gol, ia berkontribusi dalam terciptanya 50 persen dari total gol Timnas Inggris di Piala Dunia 2018 sejauh ini (Inggris mencetak 12 gol).

Sementara itu, empat gol Lukaku merupakan 29 persen dari keseluruhan gol Belgia di Rusia (Belgia mencetak 14 gol). Ia pun berada di urutan tiga, tepat di belakang Denis Cheryshev yang menyumbang 36 persen dari keseluruhan gol Timnas Rusia di Piala Dunia 2018.

Pada edisi sebelumnya, gelar top skor Piala Dunia sendiri diraih oleh pemain Kolombia, James Rodriguez. Saat itu, dalam gelaran tahun 2014 di Brasil, Rodriguez yang mengantarkan Kolombia hingga perempat final mencatatkan enam gol—sama dengan torehan Kane sejauh edisi 2018.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live