Piala Dunia 2018

Head to Head Belgia vs Inggris Unggulkan The Three Lions

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Inggris memang kalah dalam duel terakhir kontra Belgia di Piala Dunia, namun secara lebih utuh rapor mengunggulkan The Three Lions.
tirto.id - Laga panas antara Timnas Inggris vs Belgia dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018 dipastikan tersaji di Saint Petersburg Stadium, Sabtu (14/7/2018) malam waktu Indonesia. Jelang laga ini, secara head to head Inggris berada di atas angin.

Pertemuan terakhir antara kedua tim memang masih segar di ingatan kita. Sama-sama tergabung di Grup G Piala Dunia 2018, Inggris dan Belgia sudah sempat berduel. Dalam laga akhir Juni di Kaliningrad Stadium tersebut, Belgia menang dengan skor tipis 1-0 berkat gol Adnan Januzaj.

Situasi tersebut jelas membuat Belgia lebih percaya diri jelang duel malam nanti. Namun skuat asuhan Roberto Martinez harus waspada karena laga tersebut sesungguhnya tak dapat sepenuhnya dijadikan ukuran.

Pasalnya, dalam laga fase grup saat itu, Inggris dipandang tak benar-benar memainkan komposisi terbaiknya. Langkah ini dilakukan guna menghindari lawan berat di 16 besar.

Untuk membuktikan kebenaran tudingan tersebut memang sukar. Namun, jika memandang dari nama-nama pemain yang sempat dimainkan dalam duel fase grup kontra Belgia, anggapan bahwa Inggris "mengalah" tak bisa ditampik.

Di lini depan misalnya, Inggris bahkan tak memainkan striker sekaligus kapten Harry Kane yang selalu jadi lumbung gol di laga sebelumnya. Alih-alih mengandalkan Kane, dalam duel kontra Belgia sebelumnya pelatih Gareth Southgate memilih memasang Jamie Vardy dan Marcus Rashford yang sebelumnya tak mendapat menit bermain cukup. Di lini tengah, saat itu Southgate juga memasang nama-nama pelapis seperti Fabien Delph, Ruben Loftus-Cheek, hingga Trent Alexander-Arnold.

Belgia sebenarnya melakukan hal sama. Roberto Martinez bahkan tak memasang nama-nama seperti Eden Hazard dan Romelu Lukaku. Namun, fakta ini tentu tak lantas begitu saja mengubah keadaan bahwa saat itu Inggris memang tak tampil serius, sehingga duel fase grup tersebut tak dapat dijadikan acuan.


Inggris Diunggulkan Sejarah di Piala Dunia

Jika dihitung, dalam riwayat pertemuan tim di berbagai kompetisi—resmi maupun tidak—Inggris memang lebih diunggulkan. Dalam lima bentrok terakhir, The Three Lions tiga kali menang dan dua kali kalah. Lantas, bagaimana dengan riwayat pertemuan 'khusus' di ajang Piala Dunia?

Rupanya, jika yang dihitung hanya head to head di kompetisi resmi, Inggris tetap lebih kerap mengalahkan Belgia. Dalam lima perjumpaan terakhir di kompetisi terbesar di dunia tersebut, mereka tercatat dua kali menang, dua kali imbang, dan sekali saja kalah.

Rapor ini wajib jadi catatan Belgia. Setidaknya, jika ingin melipur lara dengan medali perunggu, Eden Hazard dan kawan-kawan tak boleh begitu saja jemawa meski sempat mengalahkan Inggris di fase grup.

Head to Head

- Inggris vs Belgia skor 0-1 (Piala Dunia 2018)
- Inggris vs Belgia skor 1-0 (Uji Coba Internasional)
- Inggris vs Belgia skor 1-0 (Eropa 1990)
- Inggris vs Belgia skor 1-1 (Piala Eropa 1980)
- Inggris vs Belgia skor 4-4 (Piala Dunia 1954)


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan