Berbagai kesiapan telah dilakukan oleh Kementerian Agama untuk kelancaran dan kecepatan keberangkatan jamaah calon haji dalam Ibadah Haji 2024. Seperti yang dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo yakni dengan menerapkan layanan terpadu satu atap atau “one stop service” untuk jamaah calon haji saat masuk di Asrama Haji Donohudan.
Setibanya di asrama, jamaah calon haji diberi pelayanan “one stop service” yaitu pemeriksaan kesehatan, pemberian dokumen paspor dan visa, uang saku serta perlengkapan kesehatan. Sehingga setelah itu, jamaah calon haji dapat fokus istirahat untuk mempersiapkan mental dan fisik mereka sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Dengan senyum dan penuh keramahaan, para petugas PPIH menyambut dan memberi pelayanan bagi jamaah calon haji. Bahkan bagi calon haji lansia dan berkebutuhan khusus akan diberi pelayanan khusus dan prioritas.
Pemerintah Indonesia juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam layanan keberangkatan Ibadah Haji tahun ini yakni dengan menerapkan layanan Makkah Route ditiga bandara di Indonesia yaitu Bandara Adi Soemarmo, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda.
Layanan Makkah Route tersebut untuk mempermudah calon jamaah haji Indonesia dalam proses pemindahan keimigrasian yang seharusnya dilakukan pada bandara kedatangan yakni di Arab Saudi, kini dilakukan di bandara keberangkatan Indonesia sehingga jamaah calon haji langsung bisa menuju penginapan mereka, dan tidak perlu lagi mengantre untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan Jeddah dan Madina.
Pelayanan “one stop service” dan Makkah Route tersebut merupakan layanan yang dilakukan dan diterapkan oleh Kementerian Agama dalam prosesi Ibadah Haji 2024 yang ramah lansia dan berkeadilan dengan cepat dan lancar. Sehingga, jamaah calon haji dapat beribadah dengan penuh kenyamanan dan kekhusyukan dan kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala.
Teks dan Foto : Aloysius Jarot Nugroho
Editor : Yusran Uccang
Setibanya di asrama, jamaah calon haji diberi pelayanan “one stop service” yaitu pemeriksaan kesehatan, pemberian dokumen paspor dan visa, uang saku serta perlengkapan kesehatan. Sehingga setelah itu, jamaah calon haji dapat fokus istirahat untuk mempersiapkan mental dan fisik mereka sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Dengan senyum dan penuh keramahaan, para petugas PPIH menyambut dan memberi pelayanan bagi jamaah calon haji. Bahkan bagi calon haji lansia dan berkebutuhan khusus akan diberi pelayanan khusus dan prioritas.
Pemerintah Indonesia juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam layanan keberangkatan Ibadah Haji tahun ini yakni dengan menerapkan layanan Makkah Route ditiga bandara di Indonesia yaitu Bandara Adi Soemarmo, Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Juanda.
Layanan Makkah Route tersebut untuk mempermudah calon jamaah haji Indonesia dalam proses pemindahan keimigrasian yang seharusnya dilakukan pada bandara kedatangan yakni di Arab Saudi, kini dilakukan di bandara keberangkatan Indonesia sehingga jamaah calon haji langsung bisa menuju penginapan mereka, dan tidak perlu lagi mengantre untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan Jeddah dan Madina.
Pelayanan “one stop service” dan Makkah Route tersebut merupakan layanan yang dilakukan dan diterapkan oleh Kementerian Agama dalam prosesi Ibadah Haji 2024 yang ramah lansia dan berkeadilan dengan cepat dan lancar. Sehingga, jamaah calon haji dapat beribadah dengan penuh kenyamanan dan kekhusyukan dan kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala.
Teks dan Foto : Aloysius Jarot Nugroho
Editor : Yusran Uccang