Megawati Dipilih Jadi Ketua Umum PDIP Lagi pada Kongres Malam Ini

Oleh: Bayu Septianto - 8 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Megawati dipilih kembali menjadi Ketua Umum PDIP secara aklamasi.
tirto.id - Megawati Soekarnoputri resmi dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2019-2024. Mega dikukuhkan setelah terpilih secara aklamasi pada Kongres ke-V PDIP yang digelar di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8/2019).

Dalam konferensi pers, Megawati membenarkan bahwa dirinya telah dikukuhkan kembali menjadi Ketua Umum PDIP untuk periode 2019-2024. Diakui Megawati, ia telah dipilih secara aklamasi setelah utusan dari DPD dan DPC memyampaikan pandangan umumnya, dan menyepakati secara aklamasi agar Megawati kembali pimpin partai banteng ini.

"Dari aspirasi bawah yang telah disampaikan pandangan umum yang dilakukan DPD dan DPC sebagai utusan, semua menghendaki secara aklamasi, saya diangkat lagi sebagai Ketum PDIP, periode 2019-2024," kata Megawati.

Pengambilan sumpah jabatan dan pengukuhan ini digelar tertutup setelah utusan-utusan menyampaikan pandangan-pandangannya. Dalam akun Instagramnya, fungsionaris PDIP Pramono Anung mengunggah prosesi pembacaan janji jabatan yang dipimpin Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepulauan Riau, Soerya Respationo sebagai pimpinan sidang.

Berikut janji jabatan yang dibacakan Megawati Soekarnoputri:

1. Bahwa saya untuk diangkat sebagai Ketua Umum DPP PDIP masa bakti 2019-2024 akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila dan UUD 1945, AD/ART PDIP, piagam dan program perjuangan PDIP dan segala ketentuan partai yang berlaku.

2. Saya akan menjunjung tinggi kehormatan, martabat dan disiplin partai, serta akan senantiasa mengutamakan keutuhan partai, keberhasilan program perjuangan partai daripada kepentingan pribadi.

3. Saya akan memegang rahasia partai yang menurut sifatnya, harus saya rahasiakan.

4. Saya akan berusaha menyelesaikan segala permasalahan partai dengan asas kekeluargaan.

5. Saya, akan bekerja dengan jujur, adil, rajin dan bersemangat dan mengutamakan untuk kepentingan partai, negara dan bangsa."

Selain Soerya, pimpinan sidang lainnya yang ikut mendampingi Megawati di antaranya Ketua DPD PDIP Provinsi Bali I Wayan Koster, Ketua DPD PDIP Provinsi Jateng Bambang Wuryanto, dan Ketua DPC PDIP Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo.





Baca juga artikel terkait KONGRES PDIP atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight