Manfaat Garam Epsom: Meredakan Nyeri Hingga Membuat Kulit Halus

Kontributor: Irene Aprilya Meok, tirto.id - 20 Feb 2020 15:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat garam epson: bisa meredakan nyeri dan membuat kulit halus dan menghilangkan bau di kaki.
tirto.id - Seiring perubahan jaman, pengobatan alami masih mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Salah satu pengobatan alami yang bisa menjadi pilihan adalah garam epsom.

Garam epsom memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Berikut manfaat dari garam epsom seperti dilansir Healthline:

1. Menghilangkan Nyeri Akibat Radang. Mandi garam epsom dianggap mengurangi kekeringan dan peradangan kulit.

National Eczema Foundation merekomendasikan untuk menambahkan 1 cangkir garam ke dalam air mandi untuk membantu meringankan iritasi dari eksim, suatu kondisi yang ditandai oleh kulit merah dan gatal.

Namun, tidak jelas bagaimana dan apakah mandi garam membantu mengurangi peradangan kulit, serta apakah garam laut, khususnya, memberikan efek khusus.

Satu studi pada orang dengan kulit kering menemukan, mandi dalam larutan garam yang diperoleh dari Laut Mati membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekasaran, dibandingkan dengan mandi di air keran.

2. Menghidrasi Kulit. Secara umum, garam epsom dapat membantu mempertahankan tingkat hidrasi dan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi garam epsom dapat membantu memenuhi kebutuhan natrium, tetapi bisa juga mendapatkan natrium dari berbagai makanan lain.

3. Bagus untuk Pencernaan. Mengonsumsi garam laut epsom yang dicampur dengan air hangat bisa membantu pencernaan.

Satu studi melihat efek dari minum air garam epsom pada 54 orang dewasa yang mempersiapkan kolonoskopi.

Mereka yang melakukan postur yoga tertentu dan minum 2 gelas (480 ml) air yang dicampur dengan 4,5 gram garam epsom mengalami pergerakan usus yang baik.


Selain ketiga manfaat di atas, seasalt.com menambahkan manfaat lain dari garam epsom
  1. Membuat insulin lebih efektif. Magnesium dan sulfat yang terkandung dalam garam epsom dengan takaran yang tepat dapat meningkatkan evektifitas insulin juga membantu menurunkan resiko diabetes.
  2. Berguna sebagai detoks untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Proses detoks dilakukan melalui kulit dengan menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi dan rendam selama 10 menit.
  3. Eksfoliasi kulit mati. Selain manfaat kesehatan, garam ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan, pada kulit, garam ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah. Selain kulit mati, komedopun dapat terangkat dengan menggunkan garam ini. Hal ini dapat membuat kulit menjadi lebih halus.
  4. Menghilangkan bau kaki. Bau kaki dapat hilang dengan merendam kaki selama 10 menit dengan air hangat yang dicampur dengan garam orami.


Baca juga artikel terkait GARAM EPSOM atau tulisan menarik lainnya Irene Aprilya Meok
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Irene Aprilya Meok
Penulis: Irene Aprilya Meok
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno

DarkLight