Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan: Bisa Mengobati Malaria

Oleh: Versatile Holiday Lado - 13 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ada 8 manfaat daun pepaya, salah satunya untuk mengobati penyakit demam berdarah. Berikut ini penjelasan pentingnya mengonsumsi daun pepaya.
tirto.id - Manfaat daun pepaya perlu diketahui lantaran kaya akan enzim, seperti papain dan chymopapain, yang membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Tumbuh di daerah tropis, pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Selain dikenal memiliki sifat antibakteri, pepaya juga baik untuk meningkatkan pencernaan.

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin E, C dan beta-karotin yang bersifat antioksidan. Selain itu, bijinya kaya akan asam lemak.

Sementara minyak pepaya memiliki rasa pedas yang tajam, dan dapat digunakan sebagai pengganti rempah-rempah. Tidak hanya itu, daun pepaya juga tak kalah bermanfaat.

Selain pencernaan, senyawa alkaloid yang kuat seperti karpain bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daun pepaya juga mengandung vitamin A, C, E, K, dan B dalam jumlah besar dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Manfaat Daun Pepaya


Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan dengan mengonsumsi daun pepaya seperti dilansir dari food.ndtv.com.

1. Mengobati penyakit demam berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyebar melalui darah. Demam berdarah menyebabkan turunnya trombosit darah. Sehingga dengan mengonsumsi daun pepaya dapat membantu menambah jumlah trombosit.

2. Sebagai anti-malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk Dangue. Senyawa yang terdapat dalam daun pepaya, Acetogenin dapat membantu dalam pencegahan penyakit berbahaya ini.

3. Baik untuk hati

Sama seperti buah pepaya, daun pepaya juga berfungsi sebagai pembersih yang baik untuk hati. Untuk itu, daun pepaya dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit hati kronis, penyakit kuning dan sirosis hati.

4. Mendukung pencernaan

Enzim yang terdapat dalam daun pepaya, yaitu papain dan chymonpapain terbukti dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit dan membersihkan usus besar. Enzim papain juga dapat membantu menyembuhkan dan mencegah sakit maag.

5. Menurunkan kadar gula darah

Daun pepaya sangat baik bagi penderita diabetes, karena mengatur produksi insulin, yang pada gilirannya memeriksa kadar gula darah. Sifat antioksidannya yang kuat juga membantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal dan hati berlemak.

6. Menyembuhkan nyeri saat menstruasi

Daun pepaya bekerja sangat baik untuk memudahkan aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Minum jus daun pepaya juga menurunkan gejala PMS. Khasiat penyembuhannya menyeimbangkan hormon, dan mengatur siklus menstruasi.

7. Membantu mengobati masalah kulit

Kandungan vitamin C dan A dalam daun pepaya, dapat meningkatkan kesehatan kulit dan menjadikan kulit lebih sehat dan bercahaya.

Selain itu, dapat mencegah pertumbuhan mikro-organisme berlebih, dan membersihkan kulit dari racun, memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan jerawat.

8. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Ekstrak daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kebotakan dan penipisan rambut. Ini adalah bahan penting yang digunakan dalam sampo anti-ketombe karena senyawa karpain. Komponen alkaloid ini efektif menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.


Baca juga artikel terkait DAUN PEPAYA atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight